Pemprov Siap Bantu Penyelesaian Jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang

id Kalimantan Tengah, Seruyan, Kuala Pembuang, DPRD Kalteng, Pemprov Siap Bantu Penyelesaian Jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang
Pemprov Siap Bantu Penyelesaian Jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang
Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan membantu penyelesaian pembangunan jalan penghubung Kuala Pembuang menuju Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Kuala Pembuang, Rabu mengatakan anggaran penyelesaian pembangunan jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang masih dibahas di DPRD Kalteng.

"Rencananya pemerintah provinsi (Pemprov) akan menggelontorkan Rp300 miliar untuk membantu penyelesaian jalan tersebut, dan saat ini masalah anggaran masih dibahas di DPRD," katanya.

Mantan Anggota DPR RI ini menjelaskan, apabila disetujui maka penyelesaian pembangunan jalan penghubung kecamatan menuju ibu kota Seruyan itu akan masuk dalam proyek multiyears dengan masa pengerjaan selama tiga tahun.

"Mudah-mudahan nanti penyelesaian pembangunan jalan tersebut bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Sugianto juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk menjalin komunikasi dengan para investor agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Seruyan, khususnya untuk turut menyelesaikan jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang.

"Ada puluhan investor di Seruyan yang seharusnya memberikan kontribusi terhadap pembangunan, salah satunya penyelesaian jalan penghubung Kuala Pembuang-Telaga Pulang," katanya.

Menurutnya, jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan perekonomian di kabupaten berjuluk 'Bumi Gawi Hatantiring', karena jalan sepanjang kurang lebih 90 kilometer tersebut merupakan jalan akses yang dapat menghubungkan Kuala Pembuang dengan sejumlah kecamatan lainnya.

"Dengan selesai dan berfungsinya jalan itu, maka akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur lainnya seperti Pelabuhan Teluk Segintung, dengan demikian perekonomian masyarakat dan PAD Seruyan akan meningkat," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengatakan, pembangunan jalan akses di Seruyan memerlukan dana yang cukup besar sehingga tidak bisa hanya diselesaikan dengan menggunakan APBD Seruyan.

"Makanya kita berharap dapat dibantu melalui APBD Provinsi Kalteng," katanya.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga