Waduh! Apple Hapus Aplikasi New York Times Di App Store China, Kenapa Ya?

id Apple Hapus Aplikasi New York Times Di App Store China, App Store China, Apple, Carolyn Wu, New York Times

Waduh! Apple Hapus Aplikasi New York Times Di App Store China, Kenapa Ya?

Ilustrasi. (Pixabay)

Beijing (Antara Kalteng) – Apple menghapus aplikasi New York Times dari app store mereka di China, kata raksasa teknologi itu, setelah otoritas mengatakan bahwa aplikasi tersebut melanggar aturan.

New York Times mengatakan aplikasi versi bahasa Inggris dan Mandarin itu  ditarik bulan lalu, memblokir salah satu dari sedikit saluran yang masih tersedia bagi pembaca di Tiongkok untuk mengakses beritanya.

“Sudah beberapa lama sekarang aplikasi New York Times tidak diizinkan memasang konten untuk sebagian besar pengguna di Tiongkok, dan kami sudah diberi tahu bahwa aplikasi ini melanggar aturan setempat,” kata juru bicara Apple, Carolyn Wu, dalam pernyataan kepada AFP.

Ketika situasinya berubah, tambahnya, Apple akan menawarkan aplikasi itu kembali untuk diunggah di China.

Perkembangan terakhir tersebut menandai langkah terbaru Beijing untuk menekan publikasi New York Times di China, setelah pemerintah memblokir situsnya menyusul laporan Times pada 2012. 

Surat kabar itu menyebutkan, keluarga mantan perdana menteri Wen Jiabo mengontrol aset senilai 2,7 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp36,1 triliun).

Koresponden yang akan datang ke New York Times tidak diberikan visa tinggal di China, yang tampaknya dilakukan sebagai pembalasan. 

Penerjemah: Nanien Yuniar