Sabtu, 22 Juli 2017

Polres Sukamara Masih Kurang SDM, Sejumlah Perwira Geser Jabatan

id sukamara, polres sukamara, sertijab di polres sukamara
Polres Sukamara Masih Kurang SDM, Sejumlah Perwira Geser Jabatan
Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela SiK menyaksikan penandatangan serah terima Jabatan di aula Polres Sukamara, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)
Sukamara (Antara Kalteng) - Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela SiK mengatakan saat ini institusinya masih kekurangan pegawai, yang dihitung hanya ada 200 lebih personel atau sekitar 57 persen dari kapasitas yang seharusnya.

"Untuk personel atau SDM yang dimiliki Polres Sukamara saat ini baru mencapai 57 persen saja, dan kita sangat kekurangan SDM, namun untuk tugas akan terus disiasati sehingga apa yang menjadi tangungjawab dapat dilaksanakan sebaik-baiknya," kata Kapolres Sukamara, AKBP Rade Mangaraja Sinambela usai memimpin serah teriama jabatan di aula Mapolres Sukamara, Jumat.

Menurutnya, pergeseran sejumlah perwira tentu hal yang sudah biasa di tubuh Polri, hal ini mengingat kebutuhan organisasi, seperti Kompol Donal harianja memang sangat dibutuhkan di SPN Palangka Raya, begitu juga dengan Kasat Intelkam ini juga kebutuhan dan sekarang sudah diisi sesuai dengan pangkatnya yaitu AKP.

Selain itu dalam pelaksanaan tugas tentu harus melihat yang prioritas sehingga dengan jumlah personel yang terbatas, tugas maupun program  yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Pergantian jabatan akan senantiasa terjadi seirama dengan dinamika perubahan yang memerlukan perhatian, kewaspadaan dan kecermatan analisa agar tidak terlambat mengantisifasi serta tidak terlambat juga dalam bertindak dengan tepat dan benar sesuai dengan perkembangan lingkungan

"Satu hal yang tidak boleh berubah yaitu identitas dan jati diri kita sebagai insan Bhayangkara yang taat hukum yang senantiasa melindungi dan mengayomi masyarakat sehingga masyarakat merasa aman untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari," tegas Rade saat memimpin upacara sertijab.

Kapolres juga meminta kepada pejabat yang baru agar segera menyesuaikan diri dan mengenali ruang lingkup tempat tugas yang baru dengan lebih mengenal tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda setempat dan mengenali adat istiadat serta karakteristik masyarakatnya.

"Karena masyarakat adalah mitra Polri dan laksanakan tugas-tugas mulia ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan dukungan maksimal dan kemitraan dari masyarakat, laksanakan tugas sesuai prosedur yang berlaku dan masyarakat merasa diperlakukan secara adil selama proses hukumnya berjalan," pinta Rade.

"Saya juga mengharapkan serah terima jabatan bukanlah sekedar formalitas seremonial semata, tetapi kegiatan ini merupakan suatu bentuk dinamika organisasi, maka sudah selayaknya pejabat yang lama memberikan masukan-masukan sebagai panduan tugas kepada para pejabat baru dalam mengawali tugasnya di Polres Sukamara," tambahnya.

Pergeseran jabatan di Polres Sukamara yakni jabatan Kabag Ops yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Donal Harianja digantikan pejabat baru Kompol I Gde Suatika; Kabag Ren yang semula dijabat Kompol I Gde Suatika diganti penjabat baru AKP Juwaini Bin Markapan; serta jabatan Kasat Intelkam yang dipegang oleh Ipda Andra Dwi Hardanto, SH digantikan oleh AKP Tri Prasetyo.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga