Anggota DPR RI Ini Manfaatkan Dana Aspirasi Bantu Petani

id Anggota DPR RI, Hamdhani, Manfaatkan Dana Aspirasi Bantu Petani

Anggota DPR RI Ini Manfaatkan Dana Aspirasi Bantu Petani

Anggota DPR RI Hamdhani (kiri) menyerahkan Alsintan kepada kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (6/1/17) Ist

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah Hamdhani memanfaatkan dana aspirasi membantu petani di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan memberikan alat mesin pertanian berupa dua traktor roda empat dan lima pompa air.

Lahan di Kabupaten Kobar sangat baik dikembangkan pertanian sehingga perlu didorong dengan alsintan yang memadai agar hasil produksi semakin maksimal, kata Hamdani usai menyerahkan alsintan kepada sejumlah kelompok tani di Pangkalan Bun, melalui rilis, Jumat.

"Saya sudah sangat lama memberikan perhatian khusus kepada pengembangan pertanian di Kalteng. Jadi, adanya dana aspirasi DPR RI membuat saya bisa langsung memberikan bantuan ke petani agar produksinya semakin meningkat," tambahnya.

Komitmen mantan Anggota DPD RI periode 2009-2014 ini pun mendapat dukungan dari Partai Nasdem. Hal itu terlihat ketika dia dipercaya berada di Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan dan bulog.

Hamdhani mengatakan Komisi IV yang mengesahkan setiap kebijakan alokasi pada Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian LHK serta Badan Urusan Logistik. Tahun 2016 Komisi IV DPR RI menyetujui total anggaran sebesar Rp32 triliun.

"Dana sebesar itu baru dari APBN, belum termasuk APBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Kita berharap besarnya anggaran untuk mengembangkan pertanian di Indonesia, khususnya Kalteng, dapat meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Anggota DPR RI ini pun menyampaikan terimakasih kepada TNI yang ikut dalam menyukseskan program kedaulatan pangan. Sebab TNI turut serta dalam penyawasan terhadap pupuk bersubsidi, sehingga masyarakat petani tak kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

Dia mengatakan, TNI juga membantu dalam program cetak sawah. Bahkan, TNI pun membantu masyarakat hingga proses penanaman dan panen.

"Keterlibatan TNI mengawal pertanian perlu diapresiasi. Mengawasi pupuk dan membantu cetak sawah oleh TNI," kata Hamdhani.

Selain Hamdhani, acara serah terima alsintan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Distanak Kobar, Rosehan Pribadi, Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan, jajaran pegawai di lingkungan Distanak Kobar serta para penerima bantuan alsintan tersebut.