Petani Kotim Coba Keberuntungan Tanam Stroberi Di Lahan Gambut

id Kotawaringin Timur, Tanam Stroberi Di Lahan Gambut, petani kotim, Bupati Kotim, Supian Hadi, Petani Kotim Coba Keberuntungan Tanam Stroberi Di Lahan G

Petani Kotim Coba Keberuntungan Tanam Stroberi Di Lahan Gambut

Ilustrasi (Ist)

Sampit (Antara Kalteng) - Petani di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mencoba keberuntungan dengan menanam stroberi di lahan gambut meski umumnya buah ini subur ditanam di lahan tanah liat dan gembur.

"Kami mengapresiasi inisiatif dan terobosan yang dilakukan petani. Kami juga akan memperhatikan dan mendorong mereka dengan mengupayakan bantuan peralatan pertanian," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Jumat.

Petani yang mulai mengembangkan stroberi adalah petani di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Saat ini stroberi yang ditanam di lahan cukup luas itu tumbuh dengan baik.

Supian berharap stroberi juga tumbuh dengan baik di lahan gambut hingga panen agar komoditas yang dihasilkan petani setempat bertambah dan meningkat. Harapannya, peningkatan itu juga berdampak baik terhadap peningkatan penghasilan petani.

Kemajuan positif ini menunjukkan potensi pertanian di Kotawaringin Timur masih sangat besar. Lahan gambut ternyata juga bisa ditanami berbagai jenis tanaman dan pertumbuhannya subur serta tidak kalah bagus dibanding daerah lain.

Dia mencontohkan, bawang yang dulunya dinilai sulit dikembangkan di lahan gambut, sekarang ternyata bisa tumbuh subur. Kemajuan ini sangat membantu mengurangi ketergantungan pangan dari daerah lain.

"Kalau makin banyak petani yang menanam bawang maka inflasi kita juga akan turun. Kita tidak perlu lagi terus-terusan mendatangkan bawang dari Jawa. Pangsa pasar bawang masih sangat terbuka lebar," kata Supian.

Supian yakin sektor pertanian memiliki prospek yang sangat bagus untuk perekonomian masyarakat dan daerah. Dia berharap Kotawaringin Timur bisa memenuhi semua kebutuhan komoditas sendiri dan tidak lagi tergantung dengan daerah lain.