Senin, 20 Februari 2017

Ini 8 Kecamatan Yang Belum Terlayani Air PDAM

id Kapuas, Kabuapten Kapuas, PDAM Kapuas, Ini 8 Kecamatan Yang Belum Terlayani Air PDAM
Ini 8 Kecamatan Yang Belum Terlayani Air PDAM
Loket pembayaran PDAM Kapuas (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)
Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Upaya pelayanan yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) keseluruh wikayah Kabupaten Kapuas belum seluruhnya terpenuhi,  masih ada 8 Kecamatan yang kini belum merasakan aliran air milik perusahaan daerah tersebut. 
 
Dirut PDAM Kapuas, Widodo, Selasa, mengatakan bahwa belum seluruhnya layanan terpenuhi ada beberapa alasan dan pertimbangan diantaranya belum adanya aliran listrik.  

"Di beberapa wilayah masih belum dialiri listrik 24 jam hingga jika kita paksakan dengan menggunakan genset dan bahan bakar mimyak perhitungannya biaya sangat tinggi," ungkapnya.

Daerah hulu cuma Kecamatan Pujon yang dibangun PDAM walau biaya operasional nya mencapa 30 jutaan per bulannya. Di Pujon juga masih belum 24 jam listrik menyala. 

Seperti di Mantangai, dulu sebelum listrik nyala 24 jam,  biaya per bulan sekitar 27 juta,  namun kini ketika listrik maksimal siang malam dapat ditekan hingga tinggal 4 jutaan saja dalam sebulan biaya operasional nya. 

Hal lain yang juga jadi alasan atau pertimbangan belum dibukanya sambungan PDAM karena goegrafis atau jarak antara satu warga ke warga lainnya cukup jauh. 

"Keberadaan warga pada wilayah yang belum dapat pelayanan air PDAM karena jarak rumah warga mencar mencar saling berjauhan yang untuk kebutuhan penyambungan memakan biaya operasional sangat tinggi sementara jumlah warganya sendiri masih sedikit," katanya.

Dicontohkannya,  dengan jarak rumah yang cukup jauh,  untuk pemasangan satu rumah bisa memerlukan 100 meter pipa yang tentunya kurang seimbang dengan hasil yang didapat. 

"Tidak rugi lagi tapi minus jika kita lakukan, sedangkan kita sampai sekarang tidak memiliki anggaran atau subsidi dari pemerintah daerah," ucapnya. 

Beberapa kecamatan yang belum terlayani diantaranya Kecamatan Timpah, Mandau Talawang, Pasak Talawang dan beberapa lainnya. Dari 17 Kecamatan yang ada, hingga kini baru 9 kecamatan yang terlayani dan baru baru ini telah diresmikan PDAM di Kecamatan Basarang. 

"yang ke sembilan bulan desember kemaren kita resmikan di Basarang walau masih uji coba," terangnya. 

Ditambahkannya meski masih uji coba, namun PDAM Basarang sudah memiliki 179 pelanggan dengan kapasitas 20 liter per detik. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga