Kamis, 23 Februari 2017

Mantap! Polres Kapuas Rutin Sambangi Masyarakat Cegah Kejahatan

id Kapuas, polres kapuas, Polres Kapuas Rutin Sambangi Masyarakat, Jukiman Situmorang
Mantap! Polres Kapuas Rutin Sambangi Masyarakat Cegah Kejahatan
Kapolres Kabupaten Kapuas AKBP Jukiman Situmorang (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)
Jadi, kondisi Kapuas sangat kondusif sekalipun isu pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju kembali mengemuka. Kondisi itu terwujud karena Para Tokoh serta berbagai elemen masyarakat ikut terlibat menjaganya,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kapolres Kabupaten Kapuas AKBP Jukiman Situmorang mengaku seluruh polsek maupun personil rutin menyambangi para tokoh dan berbagai elemen masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya kejahatan.

Program sambang atau menyambangi para tokoh dan berbagai elemen masyarakat itu salah satu andalan Polres Kapuas menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, kata Jukiman saat berada di Mapolda Kalteng, Palangka Raya, Selasa.

"Jadi, kondisi Kapuas sangat kondusif sekalipun isu pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju kembali mengemuka. Kondisi itu terwujud karena Para Tokoh serta berbagai elemen masyarakat ikut terlibat menjaganya," tambah dia.

Mantan Kapolres Palangka Raya ini menyebut program sambang tidak hanya meningkatkan hubungan maupun komunikasi dengan berbagai elemen, namun juga menyerap aspirasi sekaligus mengetahui perkembangan di masyarakat.

Dia mengatakan beberapa polwan pernah melaksanakan program sambang ke wilayah Kapuas Timur, ada seorang nenek berumur 85 tahun yang tinggal di pondok persawahan dan jaraknya dari jalan utama mencapai 20kilometer.

"Personel membantu nenek bernama Fahriah itu dengan memindahkan dan membuatkan rumah ukuran 3x4 di dekat pemukiman warga sekitar. Saya bersyukur dan bangga dengan kapolsek maupun personil Polres Kapuas bekerja sangat optimal," kata Jukiman.

Selain menggencarkan program Sambang, Polres Kapuas juga rutin menjalin kerja sama dan melakukan bakti sosial dengan organisasi kemasyarakatan maupun kepemudaan.

Pria yang pernah menjabat Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Kalteng ini mengatakan Polres Kapuas sangat terbuka dan bekerjasama dengan siapa pun, bahkan dikritik pihak manapun.

"Saya selalu memegang prinsip akan berusaha maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan tugas sebaik-baiknya. Di manapun saya bertugas," kata Jukiman. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga