Sabtu, 22 Juli 2017

Pemkab Barut Gelar Rakordal Dan Rapim Tepra Tahun 2016

id Barito Utara, Kalimantan Tengah, Pemkab Barut Gelar Rakordal Dan Rapim Tepra, SKPD, Jainal Abidin
Pemkab Barut Gelar Rakordal Dan Rapim Tepra Tahun 2016
Sekda Barut H Jainal Abidin didampingi Kepala Bappeda, Penelitian dan Pengembangan, Muhlis Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jufriansyah dan Kepala Dinas Sosial dan PMD Sugianto Panal Putra memimpin Rakordal dan Rapim Tepra di aula Bappeda di Muara Teweh, Selasa (10/1) (Foto Anta
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah (Rakordal) dan Rapat Pimpinan Tepra tahun 2016.

"Kegiatan ini merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang (UU) nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN) yang mengatakan bahwa salah satu tahapan yang dilaksanakan dalam rangka perencanaan pembangunan adalah evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin membacakan sambutan Bupati Nadalsyah di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Jainal, Rakordal dan Rapim Tepra yang dilaksanakan pada hari ini memiliki makna dan peran yang sangat penting, karena forum ini merupakan sarana mengevaluasi pelaksanaan pembangunan triwulan IV tahun anggaran 2016.

Dari hasil evaluasi ini diharapkan, didapatkan gambaran sejauhmana capaian kinerja SKPD, dalam pelaksanaan program/kegiatan triwulan IV tahun anggaran 2016, baik yang dibiayai dari APBD Kabupaten, dana tugas pembantuan, dana urusan bersama dan dana alokasi khusus (DAK), serta PM2L keadaan per 31 Desember 2016.

"Hasil rakordal dan rapim tepra yang dilaksanakan pada hari ini akan dijadikan sebagai bahan masukan penting dalam peningkatan kualitas pelaksanaan program/kegiatan pembangunan daerah pada tahun anggaran 2017.

Pihaknya mengharapkan pelaksanaan program/kegiatan triwulan IV tahun anggaran 2016 lebih baik dan lebih optimal serta mencapai sasaran atau rencana target capaian dimasing-masing SKPD, tentunya sesuai dengan koridor dan aturan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Sekda Jainal mengingatkan di dalam implementasi program atau kegiatan setiap SKPD selama triwulan IV tahun anggaran 2016 agar dilakukan penilaian atau evaluasi, baik menyangkut keberhasilan maupun kegagalan.

"Sehingga kualitas dan kuantitas pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan daerah pada tahun anggaran 2017 dapat lebih optimal," katanya.

Dalam pelaksanaan program atau kegiatan di setiap SKPD harus terkoordinasi dan bersinergi secara baik dengan SKPD lainnya melalui penyamaan persepsi sehingga sinkron dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Penyusunan dan penyampaian laporan, baik laporan bulanan maupun laporan triwulan agar dilaksanakan secara tepat waktu, akurat dan berkualitas.

"Kepada seluruh peserta rapat rakordal triwulan IV dan Rapim Tepra tahun anggaran 2016 ini saya minta perhatian dan keseriusannya mengikuti rapat ini. Usahakan mengikutinya dengan aktif sampai dengan selesai. Kehadiran dan keaktifan saudara-saudara dalam rakordal sekaligus rapim tepra ini pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban saudara atas kinerja SKPD yang saudara pimpin," jelas dia.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Barito Utara, Muhlis mengatakan realisasi keuangan pada APBD kabupaten tahun 2016 untuk belanja lansung Rp16 miliar lebih atau 95,14 persen dari pagu Rp16,8 miliar dan realiasasi fisik 92,36 persen.

"Kemudian belanja tidak langsung dengan realiasasi keuangan Rp549,9 miliar atau 86,27 persen dari pagu Rp637,4 miliar dan fisik 90,22 persen," kata Muhlis.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga