Pejabat Dituntut Harus Jeli Melihat Perkembangan Masyarakat

id lamandau, bupati lamandau, pejabat harus jeli

Aparatur Sipil Negara. (Foto Antara Kalteng/Musa Reban)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pejabat pemerintah dituntut untuk jeli melihat semua perubahan dan perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat, terutama menyangkut kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap pembangunan yang sangat kompleks.

Bupati Lamandau Marukan mengungkapkan, seorang pejabat dituntut suatu kemampuan untuk melihat kondisi yang sedang dan akan terjadi. Tanpa kemampuan menterjemahkan semua perubahan yang terjadi di sekelilingnya, jangan harap meraih keberhasilan dalam pembangunan.

Malah sebaliknya, urainya, bila tidak peka bisa hanyut dalam perubahan itu sendiri. Keberhasilan pemerintah dalam membangun sangat ditentukan oleh kesiapan aparatur pemerintah dalam menjalankan fungsinya.
 
"Pada saat ini tuntutan perubahan oleh masyarakat, dari semua pihak sangat kita rasakan, dan oleh sebab itu menuntut agar pejabat yang diberi tanggungjawab untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang selaras dan seimbang dengan perubahan yang terjadi," jelas Marukan.

Begitu juga, kata Marukan,  pola pikir harus dirubah dari pola pikir sempit harus menjadi menggunakan pola pikir yang maju dan modern, sehingga kedepannya aparatur Pemerintah Kabupaten Lamandau tidak ditinggalkan oleh masyarakat dan tertinggal oleh dinamika otonomi daerah. Banyak kenyataan yang cukup menantang, terutama dalam melaksanakan otonomi daerah.

Dirinya meyakini, dengan semangat kebersamaan dan dengan ketulusan untuk mengabdi kepada adaerah, terutama bagi pemberdayaan masyarakat, maka semua yang diharapkan akan segera terwujud.

"Dengan memegang filosofi budaya daerah dan dengan semangat Bahaum Bakuba,  daerah ini harus ditata secara bersama, dibangun dan dipelihara," tuturnya.


Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar