Sabtu, 24 Juni 2017

Distribusi Pupuk Bersubsidi Barito Utara Melebihi Kouta

id Barito Utara, Distribusi Pupuk Bersubsidi, pupuk, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi, Muara Teweh
Distribusi Pupuk Bersubsidi Barito Utara Melebihi Kouta
ilustrasi (ANTARA)
...melonjaknya pemakaian pupuk subsidi di tingkat petani, juga berkurangnya jatah yang diberikan pemerintah untuk Barito Utara tahun ini,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Distribusi pupuk bersubsidi untuk petani di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, periode Januari-Desember 2016 mencapai 3.021,6 ton atau 106,7 persen melebihi dari kuota 2.830 ton.

"Kelebihan distribusi selain melonjaknya pemakaian pupuk subsidi di tingkat petani, juga berkurangnya jatah yang diberikan pemerintah untuk Barito Utara tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Budi pupuk yang disalurkan selama 2016 adalah jenis Urea 361 ton, NPK 2.190, ton, SP-36 ada 411 ton, ZA 59 ton, dan organik nihil.

Permintaan pupuk bersubsidi meningkat pada musim tanam Oktober-Maret 2016/2017, karena dibuka lahan padi sawah dan padi ladang seiring mulainya musim hujan.

"Meski kuota pupuk subsidi sudah habis, namun ada kebijakan Pemprov Kalteng untuk memenuhi kebutuhan pupuk ke petani itu diambil dari kabupaten lain yang kurang terserap," katanya didampingi Kasi Pupuk, Pestisida, Alat dan Mesin Bidang Prasarana dan Sarana,Alianor.

Kuota pupuk subisi untuk petani tersebar di sembilan kecamatan tahun 2016 yakni untuk urea sebanyak 250 ton, SP-36 mencapai 500 ton, ZA 80 ton, NPK 1.800 ton dan organik 200 ton.

"Meningkatnya kuota ini karena realisasi distribusi pupuk bersubsidi pada tahun 2015 kepada petani melebihi jatah sehingga pasokan pupuk terpaksa memakai kuota daerah lain yang tidak terserap," kata dia.

Penyaluran pupuk bersubsidi oleh pihak distributor tergantung pada permintaan petani, sesuai rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

"Sesuai prosedur penyaluran pupuk bersubsidi, pihak distributor hanya bisa menyalurkan atas permintaan petani yang sudah tercantum dalam RDKK tersebut," ujar Budi.

Tiga distributor pupuk untuk Barito Utara yaitu dua berkantor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan satu di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dengan produsen pupuk PT Petrokimia dan PT Pupuk Kalimantan Timur.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga