Kuota Haji Barito Selatan Diperkirakan Akan Bertambah

id Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Kuota Haji Barito Selatan Diperkiran Akan Bertambah, Kementrian Agama Barsel, Arbaja, Buntok

Kuota Haji Barito Selatan Diperkirakan Akan Bertambah

(kemenag.go.id/foto: mkd)

Buntok (Antara Kalteng) - Kuota sementara calon haji Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang rencananya akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini 87 orang.

"Jumlah tersebut berdasarkan data estimasi dari tahun sebelumnya,"kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama Barsel, Arbaja, di Buntok, Kamis.

Estimasi sementara calon jama'ah haji Barsel yang akan diberangkatkan tersebut mereka yang menyetorkan haji pada akhir 2009 dan awal 2010.

"Meskipun masih belum dipanggil, namun 87 orang calon haji Barsel tersebut telah kita minta untuk memeriksakan kesehatan di puskesmas ditempatnya masing-masing,"ucap Arbaja.

Hal itu dilakukan untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatannya, dan kalau memang ada terserang penyakit tertentu, maka bisa diantisipasi sehingga pada saat berangkat kondisnya sehat.

"Kemungkinan calon jama'ah haji barsel yang akan berangkat pada tahun 2017 ini akan dipanggil untuk melakukan pelunasan pada bulan April 2017 mendatang,"ucap Arbaja.

Selain itu ia juga menyampaikan, kuota haji tahun 2017 ini bertambah dari tahun sebelumnya dan hal itu karena pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan kuota normal haji sebanyak 211.000 orang.

"Bahkan, pemerintahan Arab Saudi juga telah menyetujui permintaan Pemerintah Indonesia untuk menambah kuota haji sebanyak 10.000 orang lagi,"ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama Barsel.

Ia mengatakan, kalau sebelum dikurangi 20 persen jatah haji untuk Kalteng 1.069 dan jika dikembalikan, maka jumlah jama'ah haji Kalteng yang akan diberangkatkan dalam setiap tahunnya sekitar 1.336 orang.