Polres Kapuas Gelar Safari Jumat, Untuk Apa?

id kapuas, safari jumat, polres kapuas

Polres Kapuas Gelar Safari Jumat, Untuk Apa?

Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang bersama Wakapolres dan sejumlah perwiranya melakukan safari Jumat yang diselenggarakan pada Jumat pagi. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Menjaga dan mempertahankan ketentraman dan kedamaian warga masyarakat dalam lingkup wilayah hukum Polres Kapuas, Kapolres AKBP Jukiman Situmorang bersama jajarannya menggelar program yang  humanis yaitu safari Jumat.

"Ini adalah sebagai salah satu bentuk program kepolisian Kapuas yang dilakukan sesuai arahan Kapolda yang baru agar polisi dapat lebih dekat dengan masyarakat," kata Kapolres yang ditemui saat melakukan kunjungan ke sejumah masjid di kota Kuala Kapuas untuk bertemu sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama, Jumat pagi.

Program safari Jumat sendiri dilakukan secara intens dan berkelanjutan guna menggali langsung informasi penting terkait kamtibmas di wilayah mamsing masing. "Kita ingin tahu sedini mungkin informasi apa saja yang berkembang di masyarakat yang dimungkinkan akan mengganggu kestabilan kamtibmas," ucap Jukiman.

Antisipasi secepat mungkin akan didapat dengan turun langsung kelapanan dengan menemui dan menggandeng segala lapisan masyarakat dengan berkordinasi dengan paa tokoh masyarakat ataupun tokoh agama setempat.

"Program ini sudah kami laporkan ke  pak Kapolda Kalteng serta pemerintah daerah maupun ke ketua DPRD Kapuas agar semua program yang djalankan dapat bermanfaat, berjalan baik dan bersinergi," tuturnya.

Ditambahkan lagi, prioritas yang dilakukan lainnya adalah berupa upaya pendekatan di lini masyarakat terutama tingkat pelajar dengan menyempatkan datang langsung agar bisa menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah yang dikunjungi dalam menyampakan dan mensosialisasikan berbagai informas penting terkait kamtibmas.

"Perkembangan internet yang begitu mudah dan luas di akses adalah salah satu yang sering kita perhatikan juga ingatkan kepada pelajar agar mereka bisa berhati hati dengan memilah dan memilih yang mana memiliki manfaat bagi perkembangan jiwa mereka ke depan," katanya.
 
Darwandie anggota DPRD Kapuas mewakili masyarakat mengatakan dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak Polres Kapuas dengan sejumlah program programnya selama ini.

"Tentu sebagai warga masyarakat kita berterima kasih kepada polri khususnya kepada Kapolda dan tentunya Kapolres Kapuas sendiri yang membuat terobosan yang begtu humanis dengan melakukan pendekatan kepada berbagai lapisan masyarakat," katanya.

Dirinya mengaku tidak menyangka ada program safari Jumat seperti yang dilakukan oleh kepolisian sepeti yang dia saksikan. "Dengan keberadaan polisi seperti ini Kapuas tentulah semakin aman dan terkendali sehingga akan berpengaruh kepada program pemerintah menjadi jalan semuanya," pujinya.