Warga Bartim Keluhkan Air PDAM, Kenapa?

id barito timur, PDAM Bartim, air keruh

Warga Bartim Keluhkan Air PDAM, Kenapa?

Ilustrasi (istimewa)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Kualitas air yang dialirkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik daerah dikeluhkan sejumlah pelanggan di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Warga Tamiang Layang, Nelly mengatakan, terkadang air yang keluar dari kran berwarna kuning dan keruh. Hal ini berulang dalam sepekan hingga dua sampai tiga kali.

"Air ledeng terkadang kuning dan keruh. Belum ada perubahan setiap tahunnya. Kita pelanggan merasa risih kalau menggunakan air keruh tersebut. Apalagi sampai dua – tiga kali dalam sepekan," ungkapnya di Tamiang Layang, Jumat (13/1).

Hal serupa juga dialami warga Desa Haringen, Yeyen yang mengeluhkan air PDAM yang keruh. Terlebih lagi jarak rumahnya yang tidak jauh dari PDAM di Jalan Haringen.

"Saya terkadang mengalami rasa gatal kalau menggunakan air ledeng yang keruh," ungkapnya.

Direktur PDAM Bartim, Hendroyono saat dikonfirmasi terkait kejadian tersebut, masih berada di luar daerah. "Pak Direktur lagi perjalanan luar daerah," ungkap salah satu staf PDAM Bartim yang namanya tidak mau disebutkan.

Menanggapi keluhan masyarakat, Wakil Ketua DPRD Bartim Ariantho Muller meminta PDAM untuk secepatnya menanggulangi masalah tersebut dengan memperbaiki kualitas pelayanan.

"DPRD berharap kepada jajaran PDAM Bartim bisa sesegera mungkin menanggapi keluhan masyarakat tersebut. Kami yakin direktur PDAM dan jajarannya saat ini mampu membenahi PDAM menuju pelayanan Prima, baik terhadap kualitas air ataupun dari sisi pelayannya," ungkap Ariantho.