Prioritas Pembangunan Harus Didasarkan Hasil Musrenbang, Kata Anggota DPRD Ini

id DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra, Prioritas Pembangunan Harus Didasarkan Hasil Musrenbang

Prioritas Pembangunan Harus Didasarkan Hasil Musrenbang, Kata Anggota DPRD Ini

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya Beta Syailendra (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya Beta Syailendra meminta pemerintah kota setempat dalam menetapkan program prioitas pembangunan harus didasarkan dari hasil musrenbang.

"Program pemerintah juga harus mempertimbangkan usulan saat musrenbang. Jangan sampai kegiatan tersebut hanya formalitas karena usulan yang disampaikan tidak terakomodir," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Politisi PPP ini mengatakan, usulan dalam musrenbang ini sangat penting dalam penyiapan perencanaan pembangunan yang mengakomodir aspirasi dan usulan masyarakat baik di tingkat desa maupun di kecamatan.

Terlebih lagi, musrenbang juga sebagai implementasi dari pelaksanaan UU Nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Meski demikian, Ketua Bapemperda DPRD "Kota Cantik" ini juga tidak menampik jika dalam penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan, pemerintah kota juga memiliki keterbatasan yang salah satunya terkait anggaran.

"Untuk itu, dengan memperhatikan skala prioritas, usulan dari masyarakat tersebut diharapkan tetap bisa diakomodir oleh pemerintah kota," katanya.

Pihaknya pun akan terus mengawal setiap usulan yang disampaikan masyarakat Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah agar sesuai dengan visi dan misi sehingga dapat diakomodir pemerintah kota setempat.

"Saya sependapat dengan pihak Bappeda Kota Palangka Raya yang mengatakan dengan anggaran terbatas tak semua usulan bisa direalisasikan satu tahun anggaran. Jadi, apabila hasil musrenbang dapat dicapai 30-40 persen maka itu merupakan hasil yang luar biasa," katanya.