Hore!!! Harga Karet Di Bartim Alami Kenaikan

id DPRD Barito Timur, Barito Timur, harga karet, karet naik, harga getah karet naik, Tamiang Layang, Pemkab Bartim, Broelalano

Hore!!! Harga Karet Di Bartim Alami Kenaikan

Seorang petani karet merendam karet di Sungai Barito di Desa Benao Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Sebelumnya, harga Rp7.500 dan sekarang naik menjadi Rp9.500/kgnya,"
Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Harga getah karet di wilayah kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan yang menggairahkan petani daerah itu.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Antara, Sabtu menyebutkan kenaikan harga jual getah karet di tingkat petani tersebut sebesar Rp9.500/ kilogramnya.

"Sebelumnya, harga Rp7.500 dan sekarang naik menjadi Rp9.500/kgnya," kata salah seorang warga Tamiang Layang, Udin.

Walau hasilnya menyadap dibagi tiga dengan ketentuan dua bagian untuk pemilik kebun dan sisanya bagi pekerja, dengan hasil karet mencapai 15 kg per hari membuatnya bersemangat untuk menyadap getah karet kembali.

Menurut dia, harga getah yang dihargai para pengepul antara Rp9 ribu hingga Rp9.500 per kg sesuai dengan kandungan kadar air di dalam getah yang dijual.

"Alhamdulillah dengan naiknya harga getah karet ini, saya bisa kembali untuk menabung," ucap Udin.

Sementara Ketua DPRD Bartim, Broelalano mengharapkan agar hasil penjualan karet para petani yang sudah mengalami peningkatan tersebut agar jangan digunakan untuk berfoya-foya.

"Lebih baik, sisa dari membeli keperluan sehari-hari bisa ditabung untuk jaminan masa depan," kata Udin.