Waspada! Ini Peringatan Legislator Menyusul Ditemukannya Uang Palsu di Bartim

id dprd bartim barito timur, wakil ketua DPRD bartim,

Waspada! Ini Peringatan Legislator Menyusul Ditemukannya Uang Palsu di Bartim

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho Muller (Ist)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Arianto S Muller mengingatkan warga mewaspadai adanya peredaran uang palsu di daerah tersebut.

"Berdasarkan informasi, uang palsu pecahan Rp100 ribu model lama ditemukan beredar di masyarakat daerah ini," ucapnya di Tamiang Layang, Sabtu.

Oleh karena itu Ariantho S Muller meminta masyarakat pedagang di wilayah itu lebih teliti dalam melakukan transaksi khususnya uang kertas.

Ia menyampaikan, periksalah uang dengan 3 D (Dilihat, Diraba dan Diterawang) untuk membedakan antara uang asli dengan uang palsu.

"Biasanya uang palsu lebih halus, mudah rusak dan tintanya cepat luntur,"kata dia.

Selain itu ia juga meminta kepada masyarakat, apabila menemukan uang palsu supaya segera untuk melaporkannya kepada pihak kepolisian Polres Barito Timur (Bartim).

"Karena peredaran uang palsu ini sudah meresahkan warga kabupaten yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini,"tambah dia.

Menurut dia, apabila ada masyarakat tidak melaporkan dan dengan sengaja atau tidak disengaja menyimpan uang palsu kemungkinan bisa terkena pidana.