Pemilih Tetap Pilkada Barito Selatan Berkurang 840 Orang

id Barito Selatan, Pilkada Barsel, Pemilih Pilkada Barito Selatan Berkurang 840 Orang, KPU Barsel, rapat pleno

Pemilih Tetap Pilkada Barito Selatan Berkurang 840 Orang

Rapat Pleno perbaikan DPT rekomendasi Panwas, di Buntok, Minggu (15/1/17) malam (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemilih tetap pada pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah berkurang sebanyak 840 orang.

"Dari 93.238 menjadi 92.398 orang atau berkurang sebanyak 840 pemilih,"kata komisoner KPU Barsel, Bahruddin usai Rapat Pleno perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) rekomendari Panwas, di Buntok, Minggu malam.

Ia mengatakan pengurangan ini rekomendasi panitia pengawas Barito Selatan agar menghapus 1.283 pemilih dalam daftar pemilih tetap karena tidak ditemukan dalam basis data.

Setelah adanya surat rekomendasi Panwas Nomor 56 tertanggal 9 Januari 2017 untuk menghapus 1.283 pemilh dari daftar pemilih tetap, kata Bahruddin panitia pemungutan suara melakukan pengecekan di lapangan.

"Dari hasil pengecekan terhadap 1.283 itu, ternyata 398 orang memiliki bukti kependudukan sebagai warga Barito Selatan,"ungkap dia.

Dengan demikian, lanjut Bahruddin maka jumlah pemilih yang dibersihkan dari daftar pemilih tetap yang telah ditetapkan sebelumnya berkurang 840 pemilih sehingga menjadi 92.398 pemilih.

Ia juga menjelaskan sebenarnya 840 orang pemilih tersebut sebagiannya memang penduduk Barito Selatan, namun mereka belum memiliki bukti kependudukan berupa KTP.

"Sedangkan sebagiannya lagi memang bukan penduduk Barito Selatan, akan tetapi sudah lama berdomisili namun mereka tidak mengurus surat kepindahan penduduk dari tempat asalnya," demikian Bahruddin.