Perusahaan Di Barut Diminta Bangun Jalan Objek Wisata

id Barito Utara, Kalimantan Tengah, Perusahaan Di Barut Diminta Bangun Jalan Objek Wisata, Objek Wisata, Perusahaan

Perusahaan Di Barut Diminta Bangun Jalan Objek Wisata

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Utara, Arbaidi beserta sejumlah staf mengunjungi air terjun Jantur Jalitung di Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah, Minggu. (Foto Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Perusahaan tambang batu bara di wilayah Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diminta membangun jalan menuju objek wisata air terjun Jantur Jalitung melalui program Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility.

"Kami minta pihak perusahaan dalam hal ini PT KTC membangun jalan khusus ke wisata air terjun tersebut menggunakan dana CSR mereka," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Utara (Barut) Arbaidi di Muara Teweh, Senin.

Menurut Arbaidi, pihaknya telah melakukan kunjungan ditempat objek wisata air terjun Jantur Jalitung di Desa Lemo I itu pada Minggu (15/1).

Objek wisata air terjun Jantur Jalitung tersebut berada di anak Sungai Lemo yakni Sungai Jalitung, dengan jarak tempuh dari kota Muara Teweh menuju Desa Lemo sekitar 15 menit melalui jalan darat. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan perahu klotok.

"Melalui jalan itu objek wisata di Desa Lemo I tersebut dapat menjadi destinasi yang baik untuk rekreasi bersama kelurga maupun para sahabat," kata Arbaidi didampingi Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Annisa Cahyawati.

Arbaidi mengatakan bahwa keberadaan objek wisata air terjun Jantur Jalitung tersebut melalui jalan perusahaan tambang batu bara PT KTC sekitar 7,5 kilometer.

"Kalau masyarakat ingin berkunjung ke wisata air terjun Jantur Jalitung itu, terlebih dahulu melapor kepada pihak perusahaan atau pos penjagaan agar pihak perusahaan mengawal untuk melewati jalan yang digunakan alat berat milik perusahaan," kata dia.

Selain objek wisata air terjun Jantur Jalitung juga ada objek wisata lainnya seperti air terjun Jantur Doyan yang terletak di Kilometer 18 arah jalan Muara Teweh-Puruk Cahu, DAM Trahean dan DAM Trinsing.

"Masyarakat bisa memilih tempat wisata yang mana mau dikunjungi, dan juga pihaknya akan selalu mengembangkan tempat-tempat objek wisata yang ada di Barito Utara," ujarnya.