Gubernur BI Terima Mandau Dan Sangkarut Antang Dari DAD Kalteng

id Kalimantan Tengah, Gubernur Bank Indonesia, DAD Kalteng Gubernur Kalteng, Agustiar, Sugianto Sabran, Agus Martowardojo, Agustiar Sabran, Mandau Dan Sa

Gubernur BI Terima Mandau Dan Sangkarut Antang Dari DAD Kalteng

Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran (tengah). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Dianugerahkannya gelar ini karena DAD Kalteng bersama para tokoh Dayak maupun Damang menilai bahwa Gubernur BI ini memiliki berbagai pengalaman dan seorang yang cerdik serta pandai dalam bidang ekonomi maupun keuangan,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo tidak hanya dianugerahi gelar kehormatan Masyarakat Dayak, namun juga mendapat Mandau dan Baju Sangkarut Antang dari Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah.

Mandau atau parang merupakan pusaka yang diyakini masyarakat suku Dayak akan mampu menemani pemiliknya menghadapi setiap tantangan maupun hambatan, kata Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran saat pemberian gelar kepada Gubernur BI di Palangka Raya, Selasa.

"Baju Sangkarut Antang dibuat secara khusus dari bahan kayu Nyamu yang hanya tumbuh di Pulau Kalimantan ini bermakna sebagai perlindungan spiritual kepada pemakainya," tambahnya.

Sementara gelar kehormatan yang dianugerahkan kepada Gubernur BI yakni Mantir Hai Panambahan, Rangkang Duhung Pasihai, Teras Rujin Bank Indonesia, Genep Andau Nangkenya Bulau Pungkal Raja, Rabia Tisik Tambun.

Gelar ini memiliki arti seorang yang dihormati, arif bijaksana, menjadi panutan, pimpinan Bank Indonesia, dan seorang cerdik pandai dalam mengatur keuangan negara.

"Dianugerahkannya gelar ini karena DAD Kalteng bersama para tokoh Dayak maupun Damang menilai bahwa Gubernur BI ini memiliki berbagai pengalaman dan seorang yang cerdik serta pandai dalam bidang ekonomi maupun keuangan," kata Agustiar.

Dikatakan, sebagai warga kehormatan masyarakat Dayak Kalteng, apabila suatu saat diperlukan kehadirannya dalam rapat ada membicarakan masalah ekonomi maupun keuangan, beliau berhak hadir, memberikan masukan dan saran.

"Agus Martowardojo sekarang ini Mantir Hai Panambahan dan sebagai bagian dari masyarakat Adat Dayak. Kita berharap adanya gelar ini membuat beliau semakin sukses dan terus mengabdi kepada Negara dan bangsa Indonesia," kata Agustiar.

Penganugerahan gelar kepada Gubernur BI ini merupakan rangkaian serahterima jabatan Kepala Perwakilan BI Kalteng dari dari Plt Setian kepada Wuryanto. Selain mendapat gelar, Gubernur BI juga menjadi narasumber di dialog konomi terkini yang dilaksanakan di Palangka Raya.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Kalteng, para bupati/wakil Bupati se-Kalteng dan Wakil Wali Kota Palangka Raya, serta pejabat lainnya.