Pengusaha Kalteng Tersanjung Dipuji Gubernur BI

id kaliantan tengah, gubernur BI, pengusaha kalteng, abdul rasyid, BI kalteng

Pengusaha Kalteng Tersanjung Dipuji Gubernur BI

Pengusaha sukses nasional di bidang perkebunan kelahiran Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Pak Rasyid sudah bagus karena perusahaan beliau sudah menyerap banyak sekali tenaga kerja,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pengusaha sukses nasional di bidang perkebunan kelahiran Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid mengaku sangat tersanjung mendapat pujian dari Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo.

Sebenarnya membangun usaha dari kecil hingga besar serta ikut berperan membangun tempat kelahiran merupakan kewajiban namun karena di Indonesia tidak banyaknya seperti itu lalu dianggap istimewa, kata Rasyid menanggapi pujian dari Gubernur BI di Palangka Raya, Selasa.

"Saya sangat menyesalkan banyak pengusaha Indonesia yang berusaha dan mengambil sumber daya alam di Kalteng, tapi tidak memberikan manfaat bagi masyarakat maupun kemajuan pembangunan daerah ini," tambahnya.

Pemilik PT Citra Borneo Indah (CBI) berpusat di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat ini pun mengingatkan para pengusaha yang berinvestasi di Kalteng agar memberikan perhatian dan ikut membangun provinsi ini.

Paman dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini mengatakan perkebunan kelapa sawit tidak sekarang ini lagi terpusat di Pulau Sumatera, namun telah berpindah ke Pulau Kalimantan. Untuk itu, para pengusaha seharusnya memindahkan atau membangun perusahaan utamanya di Kalimantan, khususnya Kalteng.

"Saya berharap para pengusaha bisa mengikuti PT CBI yang memiliki perusahaan utama di Kalteng. Kalau itu dilakukan, maka Kalteng tidak hanya menjadi hilirisasi industri tapi juga hulunya. ini yang sangat kita harapkan," kata Rasyid.

Sebelumnya, Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan Abdul Rasyid membuktikan pengusaha lokal tidak hanya membangun industri atau mengelola bahan mentah, tapi juga berkomitmen membangun industri dari hilir hingga kehulu.

Rasyid juga menjadi contoh yang baik bagi pengusaha lain. Sebab, pengusaha ini membangun usaha CBI di tanah kelahiran, sehingga bisa ikut memajukan daerah asalnya sendiri.

"Pak Rasyid sudah bagus karena perusahaan beliau sudah menyerap banyak sekali tenaga kerja," kata Agus.

Gubernur Bi datang ke Palangka Raya untuk memimpin langsung serahterima jabatan kepala BI Perwakilan Kalteng dari Plt Setian kepada Wuryanto. Selain itu, juga menjadi narasumber di dialog bertema Ekonomi Terkini.