Motif Pembunuhan Geby Lantaran Ketahuan Hendak Mencuri

id barito selatan, pembunuh geby, polres barsel tangkap pembunuh geby, polres barsel

Motif Pembunuhan Geby Lantaran Ketahuan Hendak Mencuri

Helmi Bin Rudi Badrus Basuki (23) pelaku yang membunuh Gabriela Fortunia Cristeas alias Geby (10) saat memperagakan adegan rekontruksi, di Buntok, Selasa (17/1). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Motif pembunuhan dilakukan tersangka Helmi Bin Rudi Badrus Basuki (23) terhadap Gabriela Fortunia Cristeas alias Geby (10), lantaran korban melihat tersangka hendak mencuri.

Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah AKBP Yussak Angga di Buntok, Rabu mengatakan dalam rekontruksi yang dilakukan sebanyak 70 adegan yang diperagakan oleh tersangka ditemukan motif baru pembunuhannya.

"Pada saat pra rekontruksi beberapa waktu lalu, motifnya ingin memperkosa, namun saat rekontruksi kita menemukan motif baru lantaran korban melihat pelaku sedang mencongkel sebuah rumah," katanya.

Merasa ada orang yang mengetahui perbuatan pelaku yang hendak mencuri di salah satu rumah penduduk, tersangka Helmi pun langsung mengejar Geby.

Sekitar kurang lebih 50 meter dari rumah korban, tersangka Helmi Bin Rudi Badrus Basuki (23) berhasil menangkap dan menyekap Gabriela Fortunia Cristeas atau Geby.

"Setelah itu Geby pun dipukul oleh pelaku dengan sebuah balok pada bagian kepala hingga meninggal dunia," kata

Kapolres seraya menambahkan mayat korban diseret oleh Helmi ke kolong belakang rumah barak (Rumah sewaan) selama tiga hari dan kemudian dibuang keselokan.

Rekontruksi ini dimaksudkan untuk melengkapi berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan Geby, siswi kelas V pada SDN Buntok XIV beberapa waktu lalu.

"Apabila BAP nya sudah lengkap atau P21, maka kasus ini akan kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri Barito Selatan untuk proses hukum lebih lanjut," ujar Kapolres Barsel, Yussak Angga.

Pantauan Antara, Selasa pada saat rekontruksi berlangsung, ratusan warga kota Buntok berdatangan sejak pukul 13.30 WIB untuk menyaksikan rekontruksi yang dilaksanakan pada pukul 14. 00 WIB.

Untuk mengamankan jalannya rekontruksi, aparat kepolisian Polres Barsel menurunkan sebanyak 120 orang personil yang dibantu 10 orang dari TNI dan 15 orang dari Satpol PP.

Pada lokasi tersebut aparat kepolisian memasang police line sebanyak 2 lapis yang mana disetiap garis pembatas tersebut dijaga ketat aparat kepolisian bersama TNI dan Satpol PP.