Legislator Bartim Minta Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

id dprd bartim, barito timur, unriu ngubel, dana desa

Legislator Bartim Minta Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

Logo DPRD (Istimewa)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Barito Timur, Kalimantan Tengah, Unriu Ngubel mengingatkan pemerintahan desa di wilayah setempat agar penggunaan dana desa harus tepat sasaran.

"Hal tersebut agar hasilnya maksimal dan dirasakan masyarakat desa diwilayah Bartim," katanya di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut dia, penggunaan dana desa harus sesuai kebutuhan masyarakat dan perencanaan pembangunan didasarkan aspirasi masyarakat yang dijaring melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa.

Pembangunan harus melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan diharapkan menerapkan pemberdayaan masyarakat agar memberi nilai tambah kepada masyarakat, tambah dia.

"Karena, Konsep pembangunan kini dititikberatkan dengan memulainya dari desa sehingga pemerataan pembangunan bisa cepat terlaksana," tambah Unriu Ngubel.

Ia juga mengingatkan kepada aparatur pemerintah desa sering berkoordinasi dan berkonsultasi ke kabupaten.

"Hal itu dilakukan agar program yang dijalankan pemerintah desa bisa bersinergi dengan program pembangunan pemerintah kabupaten,"tambah dia.

Menurut dia, konsultasi sangat penting dalam rangka pengawasan dan pembinaan supaya tidak ada pelanggaran hukum dalam pengelolaan keuangan desa.