Perhatikan Kebersihan Lingkungan Saat Cuaca Ekstrem, Kata Legislator

id dprd palangka raya, kebersihan lingkungan tempat tinggal, sugiannor,

Perhatikan Kebersihan Lingkungan Saat Cuaca Ekstrem, Kata Legislator

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sugianor (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya Sugianor mengimbau masyarakat selalu memperhatikan kondisi dan kebersihan lingkungan terutama saat kondisi cuaca ekstrem

"Saat ini kondisi cuaca tidak bisa ditebak. Cuaca yang cerah tiba-tiba berubah menjadi hujan lebat disertai angin. Maka kami minta masyarakat semakin memberikan perhatian terhadap kebersihan di lingkungan untuk menghindari bencana," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Menurut politisi PKB ini, perhatian tersebut di antaranya dapat berupa membersihkan saluran drainase dari genangan sampah sehingga saat hujan lebat saluran air tidak tersumbat.

Selain itu juga dengan memastikan di lingkungan tempat tinggal tidak ada sesuatu yang dapat roboh tumbang saat angin kencang melanda.

"Jangan buang sampah sembarangan apalagi disaluran air. Pastikan ranting atau pun cabang maupun batang pohon yang kering dilakukan pemotongan," katanya.

Di samping membersihkan lingkungan, Ketua Umum PKB Kota Palangka Raya ini juga mengingatkan masyarakat agar tidak berada di bawah pohon-pohon besar ataupun papan-papan reklame saat terjadi angin kencang karena lokasi tersebut juga perpotensi rawan tumbang.

Anggota Komisi B DPRD "Kota Cantik" ini pun masyarakat dapat kembali menggelorakan semangat gotong-royong dalam memantau kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

"Dengan gotong-royong upaya kita untuk peduli terhadap lingkungan semakin ringan. Lingkungan yang indah, rapi dan bersih pun akan tercipta sehingga selain potensi bencana diminimalkan, ancaman berbagai penyakit musiman pun dapat ditekan," katanya.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini pun meminta pemerintah kota melalui instansi terkait dapat mendorong masyarakatnya memingkatkan upaya pengelolaan lingkungan.