Ini Penjelasan Bupati Bartim Terkait Hari Pasar

id barito timur, bupati bartim, hari pasar, pasar bartim

Ini Penjelasan Bupati Bartim Terkait Hari Pasar

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menjelaskan program uji coba pasar tradisional di Pasar Semi Modern Temenggung Djaya Karti hari Sabtu tetap berlanjut selama tiga bulan ke depan.

"Yang dilakukan Pemerintah yakni mendata para pedagang yang ada agar terdaftar. Kemudian menata pedagang, agar jalur jalan Fridolin Ukur steril dari pedagang, sehingga akses jalan tidak terganggu. Demikian pula di jalan A Yani depan pasar, tidak ada parkir lagi dipinggir jalan" ungkap Ampera di gedung DPRD Bartim, Rabu.

Hal ini karena keterbatasan lokasi areal pasar. Oleh karena itu, untuk uji coba hari pasar pada hari Sabtu tetap berlanjut hingga Januari. Sedangkan pada Februari akan diberikan kebijakan untuk membuka pasar lada hari Senin.

"Sehingga pedagang bisa tetap berjualan. Misalkan pedagang dengan jenis dagangan yang sama ada beberapa orang, maka tidak sepenuhnya harus bisa berdagang pada hari Senin, tapi dibagi menjadi dua yakni Sabtu dan Senin. Tinggal pedagang yang memilih mau berjualan pada hari Sabtu atau Senin," terangnya.

Ampera juga menegaskan akan melakukan penertiban terhadap warung - warung yang ada di sekitar pasar agar steril. Sedangkan masalah parkir, Ia juga meminta Dinas Perhubungan yang baru mampu menanggulanginya agar tidak menggangu aktivitas jalan.

"Parkir akan diserahkan ke Dishub untuk mengaturnya. Mungkin nanti akan menggunakan terminal atau bagaimana Dishub yang baru yang saya harapkan mampu mengaturnya," ungkapnya mengakhiri.