Meski Gelombang Tinggi, Lalu Lintas Kapal Laut Ke Sampit Tetap Aman

id Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Meski Gelombang Tinggi, Lalu Lintas Kapal Laut Ke Sampit Tetap Aman, Toto Sukarno, BMKG Haji Asan Sampit

Meski Gelombang Tinggi, Lalu Lintas Kapal Laut Ke Sampit Tetap Aman

Gelombang tinggi (FOTO ANTARA/Yusran Uccang)

Sampit (Antara Kalteng) - Lalu lintas kapal laut dari dan menuju Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah aman, tidak terganggu meski sebulan terakhir gelombang terkadang meninggi.

"Lalu lintas masih aman. Sampai saat ini tidak ada gangguan. Semua masih lancar," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Toto Sukarno di Sampit, Rabu.

Pelabuhan Sampit disinggahi kapal barang dan penumpang dari beberapa daerah, khususnya Semarang dan Surabaya. Selain itu, banyak pula kapal-kapal barang yang berlabuh di dermaga-dermaga rakyat dan terminal khusus.

Sejauh ini, aktivitas kapal barang dan penumpang tidak terganggu gelombang tinggi karena ukuran kapal cukup besar. Namun KSOP terus memantau kondisi cuaca dengan meminta informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Haji Asan Sampit.

"Kalau kondisi cuaca buruk atau gelombang tinggi, pasti kami beritahukan agar para nakhoda berhati-hati," kata Toto.

Belum lama ini BMKG Haji Asan Sampit mengimbau agar nakhoda kapal, khususnya nelayan mewaspadai gelombang tinggi. Saat cuaca buruk, tinggi gelombang mencapai 1,5 meter sehingga sangat rawan bagi nelayan yang melaut menggunakan kapal kecil.

Tingginya gelombang membuat nelayan tidak berani melaut. Dampaknya, harga ikan laut di pasaran sempat melambung, namun kini berangsur normal.