TMMD di Kapuas akan Lakukan Betonisasi di Desa Tamban

id kapuas, TMMD di kapuas, desa tamban, dandim kapuas

TMMD di Kapuas akan Lakukan Betonisasi di Desa Tamban

Kegiatan TNI Manunggal Membangun bersama rakyat di kecamatan Kapuas Hilir. (Foto Istimewa)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang melibatkan lintas sektoral dan pemerintah daerah adalah sarana atau media TNI untuk lebih dekat dengan masyarakatnya.

"Program TMMD adalah kegiatan yang jadi sarana agar TNI bisa lebih dekat dan menyatu dengan masyarakat, bentuknya fisik maupun non fisik," kata Komandan Kodim 1011 Kapuas Letkol Ahmad Saikhu.

Kegiatan yang sifatnya fisik berupa proyek yang didanai murni pemerintah daerah, seperti rehab atau bedah rumah masyarakat di sejumlah kecamatan, jalan desa dan lainnya.

"Tahun ini akan diarahkan pada pembangunan betonisasi jalan yang dilaksanakan di Desa Tamban," ungkapnya.

Sedangkan kegiatan yang sifatnya non fisik dilaksanakan bekerja sama dengan lintas sektoral, seperti BNK dalam penyuluhan pencegahan narkoba, dinas kesehatan setempat dalam penyuluhan kesehatan serta kegiatan lain seperti penyuluhan penanaman nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya berbentuk swakelola dimana bersama rakyat saling bergotong royong. "Nilai kegotongroyongan tetap kita kedepankan karena tujuan pokoknya adalah kemangunggalan TNI dan rakyat," tutur Dandim.

Ditambahkannya,  dalam waktu dekat dirinya bersama Bupati Kapuas akan mengikuti rapat di mabes TNI di Jakarta dengan agenda membahas terkait kesiapan TMMD tahun 2017.