Seruyan Dan Telkom Tandatangani Kerjasama E-Office

id Seruyan, Pemkab Seruyan, Seruyan Dan Telkom Tandatangani Kerjasama E-Office

Seruyan Dan Telkom Tandatangani Kerjasama E-Office

Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seruyan dengan PT Telkom Indonesia terkait penerapan electronic office (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, dan PT Telkom Indonesia menandatangani kerjasama program "electronic office" di Kuala Pembuang, Rabu.

"Maksud electronic office (E-Office) adalah mengkoneksikan semua jaringan perkantoran ke satu jaringan yang di pusatkan di kantor bupati," kata Bupati Seruyan Sudarsono usai menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telkom.

Ia mengatakan, dengan mengkoneksikan seluruh jaringan maka berbagai pekerjaan, khususnya komunikasi semua kantor, dinas atau badan di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan akan menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

"Untuk tahap awal, kerjasama ini akan dilakukan dengan mengkoneksikan semua perkantoran atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD)," katanya.

Pada tahap selanjutnya, mengkoneksikan jaringan secara terpusat memanfaatkan jaringan PT Telkom akan dilakukan di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa yang ada di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Nantinya kita bisa melakukan teleconference dengan semua stakeholder kita, mulai dari dinas atau badan hingga pihak kecamatan dan desa," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Haryono menjelaskan, program ini merupakan instruksi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) bahwa sejak 2017 setiap daerah kabupaten atau kota wajib memiliki atau membuat E-Goverment salah satunya adalah E-Office.

"Tahun ini Pemkab Seruyan oleh bupati sudah menandatangani MoU program tersebut," katanya.

Tahap pertama E-Office sudah dilaksanakan yakni mengoneksikan semua SKPD yang berjumlah sekitar 26 unit. Tahap kedua akan dilaksanakan paling tidak pertengahan 2017 dan paling lambat di awal 2018. "Tahap kedua ini menjangkau semua kecamatan dan desa," katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Seruyan ini menambahkan, tujuan dari program ini yaitu untuk memudahkan kegiatan administrasi, komunikasi, mempercepat hubungan antara semua stakeholder dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dan yang paling penting tujuannya adalah mewujudkan visi misi pemerintah daerah dalam mengentaskan keterisolasian komunikasi di semua wilayah Seruyan," katanya.