Ketua PKK Kapuas Ajak Ibu-Ibu Manfaatkan Pekarangan Rumah

id kapuas, ketua PKK Kapuas, PKK Kapuas, isteri bupati kapuas

Ketua PKK Kapuas Ajak Ibu-Ibu Manfaatkan Pekarangan Rumah

Ketua TP PKK Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat SH saat kunjungan kerja ke kelurahan Panamas, Rabu. (Foto Humas Pemkab Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny. Ary Egahni Ben Bahat SH mengajak kaum ibu untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah secara maksimal walau sekecil apapun luasnya untuk ditanami sejumlah kebutuhan sehari-hari.

Ajakan tersebut disampaikannya saat kunjungan kerjanya di Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Rabu (18/1). "Saya beharap semuanya dapat ditanami baik tanaman obat ataupun tanaman sayur mayur, karena kita tahu sekarang harga cabe misalnya sudah melonjak naik," kata isteri Bupati Kapuas ini.

Dia yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny Hj. Nor Apiati Muhajirin mengingatkan ibu-ibu agar memanfaatkan lahannya dengan baik dan ketika musim panen tinggal petik dan itu semua gratis tanpa terpengaruh akan tingginya harga.

Untuk mewujudkan itu, TP PKK bekerja sama dengan dinas atau intansi terkait untuk memberikan bibit toga maupun bibit ikan untuk dimanfaatkan oleh kelompok usaha bersama atau pengajian di keluarah dan desa. "Halaman membawa manfaat apabila para kaum ibu-ibu mempunyai niat kemudian niat tersebut dituangkan dalam tindakan," pesannya.

Untuk itu, Ary menerangkan bahwa TP PKK bekerja sama dengan dinas/instansi terakit memberikan bantuan baik bibit tanaman toga maupun bibit ikan untuk dimanfaatkan oleh kelompok usaha bersama baik kelompok kader atau pengajian di Kelurahan/desa.

Terkait dengan bantuan tersebut ia menekankan bahwa bantuan diberikan bukan untuk perorangan melainkan diberikan secara kelompok, supaya menurut dia terjalin kebersamaan maupun silahturahmi diantara para kader/kelompok yang sudah terbentuk.

Oleh karena itu, ia menegaskan agar Kelompok Dasawisma di kelurahan harus diaktifkan dimana Dasawisma berarti 10 sampai 20 rumah berkumpul untuk membentuk kelompok baik pengajian dan kelompk usaha bersama.

"Ke depan saya ingin mendengar dari Ketua TP PKK Kelurahan bahwa apa yang kita lakukan hari ini ada hasilnya dimana ibu-ibu menyerap ilmu dan dari ilmu tersebut menghasilkan dampak yang bermanfaat dan ada nilai ekonomisnya," harap Ary Egahni.