Gawat! Penderita ISPA 2016 di Barsel Capai 20.677 Kasus

id Barito Selatan, kalimantan Tengah, Gawat, Penderita ISPA 2016 Di Barsel Capai 20.677 Kasus, ISPA, Djulita K Palar, Barsel

Gawat! Penderita ISPA 2016 di Barsel Capai 20.677 Kasus

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan Barsel, dr Djulita K Palar. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah penderita penyakit infeksi saluran pernafasan akut di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah tahun 2016 lalu tercatat sebanyak 20.671 kasus.

"Ini berdasarkan laporan dari puskesmas yang tersebar dienam kecamatan di kabupaten Barito Selatan," kata Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan Barsel dr Djulita K Palar di Buntok, Kamis.

Ia menjelaskan, penderita penyakit ispa untuk umur 1-4 tahun yang terkena penyakit ISPA bukan pneumonia tercatat sebanyak 5.006 dan kategori umur di atas 5 tahun tercatat sebanyak 15.671 kasus.

"Sedangkan untuk warga yang terkena kasus pneumonia pada tahun 2016 tercatat 1 orang, akan tetapi sudah ditangani sehingga tidak meninggal dunia," jelas dr Djulita K Palar.

Sementara untuk jumlah warga yang terkena ISPA pada bulan Januari 2017 ini masih belum diketahui, karena pihaknya masih menunggu laporan dari puskesmas dienam kecamatan.

"Supaya jumlah kasus ISPA bisa diminimalisir, pada tahun 2017 ini kita akan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah Barito Selatan ini," ujar dia.

Selain itu ia juga mengimbau warga masyarakat agar menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Hal tersebut penting dilakukan agar terhindar dari penyakit ISPA, DBD dan diare yang biasanya kerap kali muncul pada musim penghujan seperti sekarang ini," demikian dr Djulita K Palar.