Orari Barito Utara Gelar Hamfest DAS Barito

id Barito Utara, Orari, Ham Festival, Hamfest DAS Barito, Bupati Barut, Nadalsyah

Orari Barito Utara Gelar Hamfest DAS Barito

Bupati Barito Utara, Nadalsyah menerima pengurus Orari setempat dalam menghadapi Hamfest se DAS Barito pada 4-19 Februari 2017 di Stadion Swakarya Muara Teweh. (Foto Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar Ham Festival yang diikuti kabupaten-kabupaten di Daerah Aliran Sungai Barito pada 4-19 Februari 2017 di stadion Swakarya Muara Teweh.

"Kegiatan Ham Festival (Hamfest) yaitu kegiatan lomba atau kontes teknik-teknik dasar di bidang ke Orarian misalnya merakit antena, mencari pemancar rahasia dan lainnya," kata Ketua Orari Barito Utara, Suryani Baderun di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Suryani, kegiatan yang akan dibuka oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah selaku Dewan Pembina Pengawas Orari setempat ini diikuti selain dari Kabupaten Barito Utara juga dari Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya.

Kegiatan Hamfest ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara dan akan diagendakan menjadi kegiatan rutin satu atau dua tahun sekali yang melibatkan seluruh lokal-lokal yang berada di kabupaten DAS Barito.

"Dalam kegiatan itu nantinya yang jadi anggota tetapnya direncanakan adalah Murung Raya, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Kuala dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan apabila kegiatan ini berjalan akan diadakan Hamfest Borneo, mungkin itu se Kalimantan termasuk Malaysia," kata dia.

Dia mengatakan, dalam kegiatan ini juga akan dilakukan komunikasi melalui radio (QSO) jarak jauh antara Bupati Nadalsyah dengan anggota Orari luar daerah.

Di samping itu penyerahann satu unit antena Radio Pancar Ulang (RPU atau Reviter) kepada Orari Barito Utara dari PT Mitra Barito.Untuk memeriahkan kegiatan ini juga digelar bazar dari pedagang UKM dan dimeriahkan artis KDI.

"Kami sudah melaporkan kegiatan ini kepada Bupati Barito Utara, Nadalsyah dan sangat mendukung dengan adanya kegiatan oleh Orari Lokal Barito Utara," ujarnya.

Bupati Nadalsyah mengharapkan melalui event ini juga dapat mempromosikan daerah ini secara tidak lansung, sedikit-demi sedikit kita memperkenalkan daerah kita kepada daerah lain, dan itulah tujuan kami sebagai kepala pemerintahan.

"Kita akan pasang antena hibah dari PT MB agar wilayah yang jauh jaraknya dapat terjangkau, seperti ke dalam sungai Lahei yang masih belum ada sinyal HP. Dengan adanya antena tersebut nantinya kita dapat berkomnnikasi apabila ada hal-hal yang perlu disampaikan," kata Nadalsyah.