Waduh! 3 Ribu Orangutan Barito Selatan Terancam Punah

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, orangutan, 3 Ribu Orangutan Barsel punah

Waduh! 3 Ribu Orangutan Barito Selatan Terancam Punah

Anak orangutan dirawat di kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam Daerah Kalimantan Tengah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (30/3). (ANTARA FOTO/Norjani)

Buntok (Antara Kalteng) - Sekitar 3 ribu orangutan yang mendiami kawasan blok E eks proyek lahan gambut (PLG) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah terancam punah.

"Makanya Borneo Orangutan Survival (BOS Mawas) Kalteng saat Workshop Project Save The Orangutan Blocking Local Canal beberapa waktu lalu," kata Program Manager, Bos Mawas, Janson Regalino, di Buntok, Jumat.

Menurut dia, kekhawatiran itu cukup beralasan, karena kawasan blok E meliputi kecamatan Dusun Selatan, Dusun Hilir dan Karau Kuala tersebut merupakan kawasan gambut yang rawan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Ia mengatakan, kegiatan Workshop Project Save The Orangutan Blocking Local Canal yang mereka laksanakan itu merupakan bagian restorasi ideologi gambut yang dilakukan di wilayah Barito Selatan.

"Tujuan kita melalui blocking tata batas seperti ini, agar bisa meminimalkan kejadian kebakaran hutan dan lahan, mengingat berdasarkan data Bos Mawas dari tahun 2006 kawasan blok E eks PLG dihuni kurang lebih 3 ribu populasi orang utan,"tambah dia.

Berdasarkan hasil survey International Welcome Center North (IWCN), blok E eks PLG ada di dua kabupaten yakni dikecamatan Mantangai dan Timpah kabupaten Kapuas serta kecamatan Dusun Selatan, Dusun Hilir, dan Karau Kuala kabupaten Barito Selatan.

Kawasan tersebut lanjut dia,masih minim dari gangguan manusia, akan tetapi dengan melihat berbagai tantangan yang terjadi, pihaknya mau tidak mau harus melakukan langkah antisipasi.

Karena mendapatkan area baru untuk tempat melepasliarkan orang utan pascarehab kebakaran hutan dan lahan tahun lalu sangat sulit dan hal yang sama juga dialami BOS Nyaru Menteng Palangka Raya.

"Bos Mawas tetap berharap 3 ribuan orang utan itu jangan sampai keluar dari area," harapnya sembari menambahkan blok E eks PLG merupakan hunian habitat orangutan terbesar kedua di Kalteng setelah Taman Nasional Sebangau.