Rakornas Litbang Di Palangka Raya Dipastikan Maret

id Palangka Raya, Litbang, Barit Rayanto, BPPIT Palangka Raya, Rakornas Litbang

Rakornas Litbang Di Palangka Raya Dipastikan Maret

Kepala BPPIT Palangka Raya, Barit Rayanto (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Rapat Koordinasi Nasional Badan Penelitian 2017 yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dipastikan akan berlangsung pada Maret 2017.

"Saat ini persiapan pelaksanaan Rakornas Litbang 2017 yang digelar 1-3 Maret nanti telah mencapai 78 persen," kata Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Inovasi dan Teknologi (BPPIT) Barit Rayanto di Palangka Raya, Jumat.

Barit mengatakan, kegiatan yang akan dihadiri kepala badang litbang se Indonesia ini akan berpusat di salah satu hotel berbintang yang ada di "Kota Cantik" ini.

"Seluruh rangkaian acara itu kita pusatkan di Hotel Swissbell, baik untuk kegiatan rakor maupun pameran yang akan diikuti pemerintah daerah di Kalimantan Tengah dan sejumlah pelaku UMKM," katanya.

Dia mengatakan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat guna memaksimalkan persiapan acara yang direncanakan juga akan membahas isu daerah tersebut.

Secara umum ada tiga pihak yang bertanggung jawab yakni pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota selaku tuan rumah acara Rakornas Litbang 2017.

"Jadi intinya masing-masing memiliki tanggungjawab yang berbeda. Meski demikian koordinasi dan singkronisasi terus kita lakukan. Dalam waktu dekat saya juga akan menghadap kepala Litbang pusat untuk melaporkan progres persiapan rakornas," kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Palangka Raya ini.

Saat ini pemerintah kota juga telah berkoordinasi dengan manajemen sejumlah hotel guna memastikan ketersediaan tempat menginap saat pergelaran nasional tahunan ini dilaksanakan.

Penetapan Kota Palangka Raya menjadi tuan rumah, tak luput dari perdebatan. Selain Palangka Raya, daerah yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi lokasi rakornas adalah Bali, Balikpapan, Bengkulu, Lampung dan Jawa Tengah.