Sebanyak 96.861 Surat Suara Tiba Di Barsel

id Barito Selatan, surat suara, pilkada barsel, buntok, barsel, KPU Barsel

Sebanyak 96.861 Surat Suara Tiba Di Barsel

Sebanyak 96.861 Surat Suara yang tiba di KPU Barsel, di Buntok, Jum'at (20/1/17). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 96.861 lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum setempat, Jumat sore.

Berdasarkan Pantauan, Antara, di Buntok, Jumat, mobil Kantor Pos Indonesia yang membawa surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Barsel tersebut tiba sekitar pukul 17.30 WIB.

Setelah 96.861 lembar surat suara yang berada di dalam 49 kardus tersebut tiba, langsung dibawa ke aula kantor KPU untuk dilakukan serah terima dan dijaga ketat aparat Kepolisian Polres Barsel.

"Untuk jumlah surat suara yang telah dicetak berdasarkan berita acara yang diterima dari perusahaan jumlahnya cukup yakni 96.861 lembar surat suara," kata Komisioner KPU Barsel, Bahruddin.

Menurut dia, surat suara dicetak itu berdasarkan perhitungan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan 92.398, ditambah 2, 5 persen DPT setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga berjumlah 94.861 lembar.

"Kemudian dari jumlah itu ditambah lagi 2.000 lembar untuk pemungutan suara ulang sehingga total secara keseluruhan surat suara yang telah dicetak sebanyak 96.861 lembar,"jelasnya.

Ia mengatakan, dalam waktu dua hari ke depan, pihaknya akan melakukan proses pelipatan dan penyortiran serta penghitungan ulang surat suara yang telah diterima tersebut.

"Hal itu untuk memastikan apakah jumlah surat suaranya sesuai dengan keperluan yang akan digunakan untuk Pilkada Barsel 15 Februari 2017 mendatang," kata Bahruddin.