Dua Pasangan Peserta Pilkada Barsel Debat Publik

id barito selatan, pilkada barsel, pilkada 2017, KPU barsel, debat publik pilkada barsel

Dua Pasangan Peserta Pilkada Barsel Debat Publik

Dua pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Barsel saat debat Publik yang dilaksanakan KPU Barsel, Sabtu malam (21/1/2017). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Dua pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti debat publik yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum kabupaten setempat.

Kedua pasangan calon tersebut yakni Ir HM Farid Yusran, MM- Drs Sukanto, SH (Faris) nomor urut 1 dan Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir (Erat) nomor urut dua, demikian laporan wartawan Antara dari Buntok, Minggu.

Pantauan Antara, Sabtu malam, debat kandidat yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok itu menghadirkan Prof. DR. Danes Jaya Negara, SE, M. Si, guru besar ekonomi Universitas Palangka Raya sebagai moderatornya.

Adapun tema dalam kegiatan itu yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menyelesaikan persoalan daerah.

Debat publik tersebut yang dibagi dalam enam segmen dan berlangsung selama kurang lebih sekitar dua jam yakni dari pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Kedua pasangan calon (Paslon) pada kesempatan itu menyampaikan visi-misi serta terjadi perdebatan terkait pelaksanaan pembangunan kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini lima tahun ke depan.

Masing-masing pendukung yang hadir pun meneriakan yel-yel usai kandidatnya menyampaikan visi misi pembangunan maupun pada saat segmen lainnya seperti tanya jawab.

Pada kegiatan tersebut, masing-masing pendukung pasangan calon yang diperbolehkan masuk hanya dibatasi sebanyak 50 orang saja sehingga para pendukung kedua paslon lainnya berada di luar.

Supaya para pendukung yang berada diluar bisa menyaksikan jalannya debat publik, KPU Barsel menyediakan dua layar lebar yang diletakan didepan dan samping GPU Jaro Pirarahan Buntok.

"Debat publik ini merupakan tahapan pilkada Barsel dan dilaksanakan sebanyak dua kali yakni tanggal 21 Januari 2017 ini dan yang kedua nantinya pada 6 Februari 2017,"kata ketua KPU Barsel, HM.Hadi Surais usai kegiatan itu.

Ia menyampaikan, debat kandidat yang dilaksanakan tanggal 21 Januari 2016 ini disiarkan secara langsung melalui TVRI Kalteng dan untuk debat kandidat pada tanggal 6 Februari 2017 siaran tunda.

"Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat khususnya yang berada di kabupaten Barito Selatan ini bisa melihat jalannya debat publik melalui layar televisi,"ucap Hadi Surais.

Acara debat publik calon Bupati dan calon Wakil Bupati Barsel tersebut dijaga ketat aparat kepolisian Polres Barsel dan kegiatannya berjalan dengan tertib, aman dan lancar.