Kapolres Kapuas Imbau Jangan Terprovokasi Dengan Spanduk Mengatasnamakan Agama

id kapuas, polres kapuas, spanduk provokasi ummat islam

Kapolres Kapuas Imbau Jangan Terprovokasi Dengan Spanduk Mengatasnamakan Agama

Kapolres kapuas AKBP Jukiman Situmorang beserta jajarannya saat bersilaturahmi dengan salah satu tokoh agama di Kapuas beberapa waktu lalu. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Kabupaten Kapuas yang selama ini damai dan kondusif sempat terganggu akan adanya foto spanduk yang mengatasnamakan agama atau ummat Islam untuk penolakan Habib Rizieq sebagai Imama Besar, seperti yang terpasang di wilayah Kapuas dan beberapa daerah lain di Kalimantan Tengah yang beredar di media sosial facebook.

Foto yang bertuliskan penolakan terhadap Habib Rizieq dengan mengatasnamakan umat Islam Kapuas tersebut belum diketahui dimana tempatnya dipasang dan sempat mendapat komentar beragam dari netizen yang kebanyakan merasa keberatan bahkan terpancing akan adanya aksi pemasangan spanduk itu.

Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang cepat tanggap dan langsung melakukan koordinasi dengan sejumlah elemen masyarakat, baik tokoh agama dan masyarakat hingga organisasi serta membuat imbauan agar masyarakat menyikapi adanya spanduk-spanduk yang meresahkan persatuan dan kesatuan sebagai bangsa NKRI yang ditemukan di beberapa kabupaten tetangga.

"Saya selaku Kapolres Kapuas mengimbau agar seluruh masyarakat Kapuas tidak terpancing dan terprovokasi khusus foto yang beredar. Percayakan kepada Polres Kapuas untuk melakukan penyelidikan terkait dengan kebenaran foto itu untuk menguji kapan, dimana, siapa, bagaimana kronologis kejadian serta motif pelaku," tegas Kapolres, Minggu.

Dikatakannya, wilayah hukum Kapuas yang damai dan kondusif selama ini jangan diganggu dan masyarakat agar tidak mudah terpancing terhadap hal yang belum jelas kebenarannya yang nantinya dapat merusak stabilitas kamtimbmas.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kuala Kapuas juga angkat bicara dan menyerukan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, dan seluruh OKP dan Ormas-ormas Islam agar tidak mudah terpancing provokasi.

"Dalam hal ini kita jadikan sebuah momentum sebagai pembelajaran dalam memperkuat dan memperteguh persatuan dan kesatuan NKRI," kata Ketua HMI Kapuas Muhammad Mirza,  Minggu.

Terkait foto-foto pemasangan spanduk yang beredar di media sosial, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Polres Kapuas untuk melakukan penyelidikan dan mengusut Tuntas pelaku pemasangan spanduk tersebut.

"Polres ada berkodinasi dengan kita dan kami sangat menghargainya.  Kita akan dukung kepolisian sepenuh nya," ucapnya.