Bupati Pulpis Hadiri Rakornas Karhutla, Presiden Minta Persiapkan Cegah Dini Kebakaran

id pulang pisau, rakornas karhutla, bupati pulpis, presiden jokowi

Bupati Pulpis Hadiri Rakornas Karhutla, Presiden Minta Persiapkan Cegah Dini Kebakaran

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo ketika menghadiri Rakornas Karhutla yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. (Foto ADC Bupati Pulang Pisau)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Istana Negara, Senin (23/1/2017) yang dihadiri 9 provinsi dan sejumlah kabupaten, termasuk Pulang Pisau.

Bupati mengungkapkan dari hasil rakornas itu Presiden RI Joko Widodo meminta agar daerah mempersiapkan secara dini antisipasi Karhutla.

"Beberapa arahan dari Presiden diantaranya daerah mempersiapkan dini penetapan status siaga darurat yang dimulai dari pemerintah provinsi, begitu juga di daerah setempat," kata Edy Pratowo, Senin.

Arahan lain yang disampaikan kepada daerah yang dalam Rakornas tersebut, terang dia, agar masing masing daerah yang rawan Karhutla melakukan persiapan peralatan agar berfungsi dengan baik dan mempersiapkan pembiayaan penanganan semaksimal mungkin dan tetap berkoordinasi dengan lintas sektoral seperti TNI/Polri bersama tim terpadu lainnya.

Penindakan tegas juga tetap diberlakukan bagi pembakar lahan. Bagi daerah yang dinilai bisa menekan karhutla, pemerintah memberikan penghargaan mulai dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Danramil, Polsek, Kodim,  hingga Polres dengan menguatkan tindakan pencegahan dini melalui cara patroli tim terpadu pemadaman jika ditemui titik api di lapangan.

Selama tahun 2016 penangangan Karhutla dinilai sudah cukup baik dan tahun 2017 diminta dipertahankan dan lebih ditingkatkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam Rakornas juga menyatakan bahwa akan merevisi Permendagri terkait kebakaran hutan ini. Pemahaman terhadap kata darurat tidak hanya ketika terjadi kebakaran namun termasuk dari kesiagaan mencegah kebakaran, tanggap darurat dan pemulihan (rehabilitasi dan rekonstruksi).

Rokornas Karhutla dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo yang dihadiri 9 provinsi yang dinilai rawan terjadi Karhutla yakni Riau, Jambi, Sumsel, Sumut, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, dan Papua. Hadir dalam Rakornas diantaranya Menkopolhukam, Mendagri, Kepala Bappenas, Kekominfo,  Panglima TNI, Kapolri, Kementerian Tata Ruang, Mensesneg, dan Kemenko.