Tingkatkan Pelayanan, Dua RSUD Seruyan Terus Lakukan Pembenahan

id Seruyan, Kalimantan Tengah, Tingkatkan Pelayanan, Dua RSUD Seruyan Terus Lakukan Pembenahan, Kuala Pembuang, Sudarsono

Tingkatkan Pelayanan, Dua RSUD Seruyan Terus Lakukan Pembenahan

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika )

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dua Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di daerah itu.

"Dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tersebut, diharapkan dapat memberi kontribusi nyata bagi pasien. Artinya, pasien yang datang diharapkan tidak perlu khawatir dengan pelayanan rumah sakit," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini Seruyan memiliki dua RSUD yang dapat memberikan pelayanan serta menjadi rumah sakit rujukan bagi Puskesmas yang tersebar di kecamatan, yakni RSUD tipe D di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau dan RSUD tipe C di Kuala Pembuang.

"Saat ini kedua rumah sakit tersebut terus berbenah dengan melengkapi fasilitas dan meningkatkan sumber daya manusia," katanya.

Ia menambahkan, selain rumah sakit, Pemkab Seruyan juga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar dengan menambahkan Puskesmas Rawat Inap di kecamatan serta melakukan penyebaran tenaga kesehatan hingga ke pelosok desa.

"Dengan berbagai peningkatan yang kita lakukan, diharapkan pelayanan kesehatan menjadi lebih baik," katanya.

Menurutnya, tingkat kesehatan masyarakat di 'Bumi Gawi Hatantiring' sudah semakin baik. Salah satu indikatornya terlihat dari meningkatnya angka kelangsungan hidup bayi sejak tahun 2013, yakni dari 960 per seribu menjadi 993 per seribu.

"Artinya angka kematian bayi berhasil ditekan dari 40 orang menjadi tujuh orang per seribu kelahiran," katanya.

Sementara, Direktur RSUD Hanau Riza Syahputra mengatakan beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat seperti peningkatan fasilitas rumah sakit dengan membangun ruang Unit Gawat Darurat (UGD).

"Kita juga terus menambah jumlah dokter spesialis, sehingga berbagai jenis penyakit yang diderita pasien bisa ditangani rumah sakit, bahkan saat ini kita juga sudah bisa melakukan bedah caesar," katanya.