Pemkab Seruyan Bangun Jalan Menuju TN Tanjung Puting

id seruyan, kuala pembuang, bupati seruyan, TNTP, taman nasional tanjung puting, tanjung puting

Pemkab Seruyan Bangun Jalan Menuju TN Tanjung Puting

Orangutan liar yang ada di Camp Saluang Mas Taman Nasional Tanjung Puting wilayah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah tampak bergelantungan dari pohon ke pohon. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, berencana membangun akses jalan darat menuju Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Pembuang Hulu.

"Kita masih upayakan untuk membangun akses jalan untuk menuju TNTP," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan pembangunan akses jalan di Kecamatan Hanau itu, rencananya di atas lahan yang menjadi batas antara TNTP dan perkebunan sawit. Selain menjadi jalan akses, jalan yang dibangun dapat sekaligus menjadi batas permanen antara TNTP dan perkebunan sawit.

"Saat ini akses jalan darat dari Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau menuju TNTP masih melewati jalan milik perkebunan sawit, dan ke depan untuk mengembangkan TNTP sebagai objek wisata, maka tidak mungkin akses jalan perkebunan sawit tersebut terus dipergunakan sehingga kita perlu membuat akses jalan sendiri," katanya.

Selain melalui jalur darat, Pemkab Seruyan juga berencana mengembangkan akses wisata TNTP melalui jalur sungai. Ada banyak sungai yang dapat dimanfaatkan sebagai jalur alternatif menuju TNTP, yakni tiga sungai di Kecamatan Seruyan Hilir Sungai Perlu, Sungai Sigintung Dalam, dan Sungai Baung.

"Kalau kita melihat, dari tiga sungai tersebut, maka yang paling dekat dan potensial adalah Sungai Baung di Desa Baung. Kalau pilihannya itu, maka perjalanan bisa dimulai dari Kuala Pembuang menuju Desa Baung lalu TNTP," katanya.

Ia menjelaskan berbagai upaya untuk membuka akses menuju TNTP dilakukan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan potensi TNTP untuk kepentingan wisata.

Ia mengharapkan pada masa mendatang wisatawan lokal maupun mancanegara dapat mengunjungi TNTP melalui Seruyan.

"Kunjungan wisata baik dalam maupun luar negeri ke TNTP mencapai 12 ribu per tahun, dan ini dinikmati oleh Kabupaten Kotawaringin Barat. Kita berharap nanti wisatawan juga dapat berkunjung ke TNTP melalui Seruyan karena sebagian besar wilayah TNTP ada di Seruyan," katanya.