Jumlah Penduduk Miskin di Gumas Menurun

id gunung mas, gumas, kemiskinian di gunung mas, BPS gunung mas

Jumlah Penduduk Miskin di Gumas Menurun

Kepala BPS Kabupaten Gumas (kanan) Waras saat memberikan keterangan kepada awak media di ruang kerjanya belum lama ini. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Jumlah tingkat kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, khususnya sejak 2010 sampai dengan 2015, demikian Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas.

Kepala BPS Gunung Mas, Waras, di Kuala Kurun beberapa waktu lalu mengatakan, hasil persentase kemiskinan penduduk di Kabupaten Gumas, pada tahun 2010 yakni 8,06%. Kemudian pada 2011 turun menjadi 7,12%, pada 2012 turun lagi menjadi 6,56%. Namun, pada 2013 angka kemiskinan penduduk mengalami peningkatan menjadi 6,90%.

"Peningkatan persentase kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas pada 2013 itu terjadi bersamaan dengan meningkatnya angka kemiskinan pada tingkat nasional dan juga provinsi," ujarnya.
 
Meskipun angka kemiskinan penduduk di Kabupaten Gumas sempat mengalami kenaikan pada 2013. Namun pada 2014 persentase kemiskinan penduduk turun lagi menjadi 6,70%.

Selain itu, lanjutnya, pada 2015, persentase penduduk miskin kembali menurun menjadi 6,17%, untuk angka kemiskinan itu diperoleh dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan dua kali dalam satu tahun, yang dilaksanakan sekitar Bulan Maret dan Bulan September.

Pihaknya mengaku dapat menjamin keakuratan data yang tertulis dalam data tersebut, sebab hal itu dapat dibuktikan dengan kuisioner yang diisi langsung oleh masyarakat saat petugas survei melakukan pengambilan sampel.

"Kami yakin data yang dimiliki BPS saat ini dapat dipertanggungjawabkan dan terukur sebab berdasarkan hasil survei lapangan, bukan hasil survei fiktif," demikian Waras.