Bupati Ini Minta Warga Gumas Sadar Tertib Administrasi

id Gunung Mas, Kuala Kurun, Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong

Bupati Ini Minta Warga Gumas Sadar Tertib Administrasi

Buapti Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong (Ist)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) Bupati Gunung Mas Arton S Dohong meminta kepada masyarakat setempat untuk sadar tertib akan administrasi kependudukan, agar mudah mendapatkan pelayanan dari pemerintah contohnya seperti program badan pelayanan jaminan sosial.

"Saya berharap semua masyarakat mulai mengurus KTP Elektronik, dan tidak lupa memperbaharui kartu keluarga apabila pindah rumah. Segera urus administrasi penduduk," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia juga meminta kepada orang tua untuk tidak lupa mengurus akta kelahiran anaknya, khususnya bagi anak-anak usia 0-18 tahun. Akan lebih baik, begitu anak baru lahir langsung segera diurus akta kelahirannya.

Selain itu, masyarakat juga apabila sudah menikah, untuk memiliki surat nikah yang sah atau akta perkawinan, sebab semua itu akan berguna ketika memproses administrasi pelayanan di pemerintahan atau lembaga lainnya yang memerlukan administrasi kependudukan.

"Kalau yang sudah cerai, harus memiliki akta perceraian, dan sudah meninggal keluarganya juga harus mengurus akta kematian, sehingga Gumas ini akan betul-betul tertib secara administrasi," lanjut Arton.

Oleh sebab itu, ia juga meminta kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, dan apabila ada pungutan liar segera laporkan.