Taktik Conte Lebih Taktis Dibanding Mourinho, Kata Eden Hazard

id Chelsea, Belgia, Eden Hazard, conte

Taktik Conte Lebih Taktis Dibanding Mourinho, Kata Eden Hazard

Pemain Chelsea Eden Hazard (premierleague.com)

London (Antara News) - Gelandang serang Chelsea asal Belgia, Eden Hazard, mengungkapkan timnya bekerja lebih taktis di bawah arahan pelatih Antonio Conte daripada Jose Mourinho. 

Taktik yang diterapkan Conte membuat Hazard belajar untuk bergerak tanpa bola.

Conte mengubah Chelsea sejak berani menerapkan formasi 3-4-3 pada September 2016 yang berbuah 13 kemenangan beruntun dan membuat The Blues perkasa di puncak klasemen Liga Utama Inggris.

Hazard mengatakan kunci keberhasilan Conte adalah pendekatan terhadap pemain dalam sistem baru. Ia mengatakan bahkan seorang Mourinho yang punya reputasi mempersiapkan Chelsea selama 15 tahun terakhir, tidak memiliki perhatian detail seperti Conte.

Saat ditanya legenda Arsenal, Thierry Henry, perbedaan utama cara bekerja Conte dan Mourinho, Hazard mengatakan, "Latihan taktis. Kami melakukan lebih banyak dengan Conte. Kami tahu persis apa yang harus dilakukan di lapangan, ke mana saya harus pergi, pemain bertahan (tahu) ke mana harus pergi."

"Bersama Mourinho, ia hanya menempatkan sistem (di tempat), tapi kami tidak bekerja banyak. Kami tahu apa yang harus dilakukan karena kami bermain sepak bola, tapi mungkin secara otomatis sedikit berbeda," katanya kepada Skysport.

Sebagai gelandang serang, Hazard menikmati kebebasan yang lebih besar dalam taktik 3-4-3 yang diterapkan Conte, daripada menjadi pemain sayap pada formasi 4-2-3-1 yang dipakai Mourinho. 

"Bersama Mourinho di musim pertama, kami memenangkan gelar, (Nemanja) Matic berposisi di belakang saya," tambahnya. 

"Kadang-kadang saya di depan dan Matic melakukan pekerjaannya. Bersama Conte itu berbeda, saya lebih ke dalam karena ada (Marcus) Alonso sehingga saya harus siap serangan balik ketika mendapatkan bola," tambahnya.

Pemain berusia 25 tahun juga mengatakan peran barunya telah membantunya memahami permainan dengan matang.

"Kami paham untuk membuat gerakan, saya harus mendapatkan bola, tapi bergerak guna menciptakan ruang untuk orang lain," jelasnya. "Saya pikir sekarang saya mengerti bahwa sepak bola tidak hanya dengan bola di kaki saya."

Chelsea kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan sembilan poin dari peringkat kedua Tottenham Hotspur. The Blues sedang mempersiapkan laga akhir pekan melawan Arsenal, Sabtu (4/2) besok.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu