Tes Urine ASN Sukamara Jadi Program Rutin BNNK

id sukamara, bupati sukamara, ASN sukamara, tes urine, BNNK sukamara

Tes Urine ASN Sukamara Jadi Program Rutin BNNK

Kepala Dinas PUPR H kantet Sri Waluyo, Sekretaris PUPR Irlan Kodriansyah, Pelaksana Harian BNNK IPDA Agus Purwanto saat kepala PUPR menyerahkan urinenya untuk dites. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Pelaksana Harian BNNK Kabupaten Sukamara Ipda Agus Purwanto mengatakan pihak BNNK akan melaksanakan program  tes urine bagi ASN di Linkungan Pemerintah Kabupaten Sukamara, sebagai upaya menciptakan Kabupaten Sukamara Bersinar 2018.

"Untuk mencapai apa yang diinginkan BNNK tentu berbagai program akan dilaksanakan di antaranya dengan melakukan tes urine bagi ASN dan tenaga kontrak, namun pelaksanaannya dilakukan secara bertahap," kata Agus di Sukamara.

Menurutnya, pada bulan Februari 2017 ini setidaknya ada empat dinas atau kantor yang ASN dan tenaga kontrak diambil urinenya untuk dilakukan tes narkoba, di antaranya yang sudah dilaksanakan adalah kantor Setda dan Dinas PUPR.

Dari dua kantor tersebut setidaknya 70 orang ASN di Setda dan 65 ASN di Dinas PUPR yang mengikuti tes urine dan dari tes tersebut dinyatakan semuanya negatif dan belum ditemui pengguna narkoba.

Pelaksanaan tes urine bagi ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Sukamara ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang tujuannya, memberikan peringatan kepada ASN dan honorer supaya tidak coba-coba dalam menggunakan obat terlarang, yang dapat merusak masa depan dan generasi bangsa, khususnya wilayah Sukamara.

"Ini sebagai warning (peringatan) bagi setiap ASN dan honorer di lingkup wilayah Sukamara. Bila diketahui menggunakan, maka akan langsung dilakukan proses hukum yang berlaku. Jadi, jangan coba-coba menggunakannya bahkan mengedarkan," tegasnya.

"Pelaksanaan tes urine sebelum dilakukan terhadap ASN, Bupati sukamara H Ahmad Dirman dan Wakil Bupati H Windu Subagio sekaligus ketua BNNK Kabupaten Sukamara mengapresiasi dengan melakukan tes urine terlebih dahulu dan hasilnya negatif," tambahnya.