Kades/Lurah Tanggap Terhadap Bencana, Kata Bupati Gumas

id gunung mas, gunas, bupati gumas, tanggap bencana

Kades/Lurah Tanggap Terhadap Bencana, Kata Bupati Gumas

Salah satu jembatan di Kabupaten Gunung Mas yang sempat ambruk akibat cuaca buruk beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Bupati Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong meminta seluruh kepala desa dan lurah yang ada di kabupaten setempat untuk lebih tanggap terhadap kondisi wilayahnya masing-masing apabila terjadi bencana.

"Apabila terdeteksi bencana, saya minta Kades atau Lurah untuk segera melaporkan ke pemerintah kabupaten. Jangan menunggu, tapi harus cepat tanggap dan aktif dalam menyampaikan informasi agar segera ditindaklanjuti," katanya, di Kuala Kurun, belum lama ini.

Hal itu disampaikan Arton, terkait adanya beberapa jembatan yang rusak akibat cuaca buruk dan mengkhawatirkan masyarakat sekitar.

Menurutnya, apabila informasi yang didapat terlambat, dikhawatirkan penanggulangan juga menjadi lebih sulit dan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. Perlu diingat bahwa Kades atau Lurah adalah ujung tombak pemerintahan di wilayahnya masing-masing, mengingat luasnya wilayah Gumas.

Ia mengatakan, peranan utama Kades dan Lurah selain membantu administrasi pemerintahan, juga aktif dalam menyampaikan informasi kepada pemerintah kabupaten, tidak terkecuali ketika terdeteksi bencana di wilayahnya.

"Kades dan Lurah komunikasi ke Pemkab. Pemkab Gumas juga akan langsung komunikasi lagi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, sehingga semua berjalan sesuai administrasi birokrasi," demikian Arton