Sekda Pulang Pisau Afiadin Meninggal Dunia

id pulang pisau, sekda pulpis, afiadin, bupati pulpis, edi pratowo

Sekda Pulang Pisau Afiadin Meninggal Dunia

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo melayat ke rumah duka atas wafatnya Sekretaris Daerah Pulang Pisau Afiadin Husni, Minggu (12/2/2017). (Istimewa)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau, H Afiadin Husni meninggal dunia pada usia 56 tahun, setelah mengalami sakit yang cukup lama. Orang nomor satu di jajaran birokrasi pemerintah setempat ini, meninggal dunia di RSUD Sumarno Sosroadmojo Minggu (12/2) sekitar pukul 17.15 WIB.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo secara pribadi dan atas nama pimpinan daerah mengucapkan duka sedalam-dalamnya. Ia mengaku terkejut dengan berita meninggalnya Afiadin Husni setelah beberapa hari sebelumnya sempat bertemu untuk melihat kondisi kesehatan.

"Ini duka yang mendalam bagi pemerintah setempat, semoga beliau mendapat tempat yang layak di sisiNya," kata Edy Pratowo, Minggu.

Kepergian Afiadin Husni, sontak membuat aparatur sipil Negara ASN di daerah setempat berduka. Ungkapan belasungkawa tidak ada habisnya diberikan kepada pria yang dalam data kepegawaian ini lahir di Banjarmasin 4 November 1961 dengan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) 196111041989031010.

Kesehatan Afiadin Husni diketahui merosot sejak kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA-KTNA) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2016 yang banyak menyita tenaga dan fikirannya. Dikabarkan saat itu bahwa Afiadin Husni menderita kanker. Beberapa kali pengobatan dilakukan, baik di Balikpapan, Jakarta dan Surabaya.

Kesehatan Afiadin Husni sempat membaik dan kembali beraktivitas dalam birokrasi pemerintah. Bulan Oktober 2016, pria ini sempat meresmikan terminal aspal curah milik PT Sarana Sampit Mentaya Utama (SSMU) di Pelabuhan Pelindo III dan sempat beberapa kali memimpin rapat di pemerintahan setempat. 

Namun kesehatan Afiadin kembali menurun dan menjalani lagi pengobatan. Cuti untuk konsentrasi penyembuhan dan pemulihan kesehatan, diberikan langsung oleh Bupati Edy Pratowo. Pada Minggu (12/2), Afiadin Husni akhirnya dipanggil oleh sang Khalik, dan meninggalkan duka mendalam bagi ASN setempat.

Dari kacamata awak media setempat, Afiadin Husni adalah sosok familiar dan mudah bergaul dengan siapa saja. Kendati demikian, dalam urusan pemerintahan memiliki jiwa yang tegas. Bahkan, sikap keras dirinya juga ditunjukan dan dimunculkan kepada orang-orang yang tidak sejalan dan menghambat untuk memajukan Kabupaten Pulang Pisau. 

Sosok Afiadin Husni juga menjadi sentral, dengan terwujudnya lima proyek multiyears yang menjadi pembangunan infrastruktur prioritas dalam masa pemerintahan Edy-Taty. 

Kemesraan bersama keluarga juga ditunjukkan Afiadin Husni. Dalam setiap kesempatan, pria ini selalu berjalan bersama istrinya Hj Erni selalu setia mendampingi. Kemesraan selalu ditunjukan dengan duet bernyanyi bersama dengan orang yang dicintainya ini.

Afiadin meninggalkan satu istri dan tiga orang anak, satu anak laki-laki dan dua anak perempuan.