Waduh! Banyak ASN Tidak Tahu Pilkada Serentak Dinyatakan Libur Nasional

id kotawaringin timur, ASN Kotim, pilkada serentak libur nasional pilkada serentak, pilkada 2017

Waduh! Banyak ASN Tidak Tahu Pilkada Serentak Dinyatakan Libur Nasional

Ilustrasi (Istimewa)

Sampit (Antara  Kalteng) - Tidak semua aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengetahui bahwa Rabu (15/2) merupakan libur nasional terkait pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) serentak.

"Saya kira yang diliburkan cuma daerah yang menggelar pilkada. Baru tahu ternyata daerah yang tidak menggelar pilkada juga libur. Kalau dulu memang libur karena kita saat itu memang menggelar pilkada," kata Anto, salah satu ASN di Sampit, Senin.

Ternyata bukan hanya Anto yang tidak tahu bahwa Rabu nanti merupakan libur nasional. Ratusan guru kontrak yang menghadiri penandatanganan kontrak kerja di Gedung Serbaguna Sampit, juga banyak yang kaget ketika Wakil Bupati HM Taufiq Mukri menyampaikan bahwa Rabu nanti merupakan hari libur.

"Hari Rabu nanti adalah libur nasional karena ada pilkada serentak. Kecuali bagi yang bertugas di pelayanan seperti di kesehatan dan lainnya, harus tetap masuk. Tapi kalau ada guru yang mau tetap masuk, silakan saja," ujar Taufiq sambil bergurau.

Meskipun Kotawaringin Timur tidak menggelar pilkada, namun ASN akan tetap libur karena pilkada serentak dinyatakan libur nasional. Namun bagi instansi pelayanan seperti rumah sakit, puskesmas, PLN, pemadam kebakaran dan lainnya, tetap bekerja seperti biasa.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, Benny Setia mengatakan, saat pilkada serentak memang dinyatakan hari libur. Libur diberlakukan secara nasional, termasuk bagi daerah yang tidak menggelar pilkada.

"Dalam aturan itu disebutkan bahwa pilkada dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan. Makanya di Kotawaringin Timur juga libur meski kita tidak menggelar pilkada," kata Benny.

Libur tersebut mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2017 tentang hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota. Keputusan itu ditegaskan lagi melalui surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada 10 Februari 2017 lalu.

Ada dua kabupaten di Kalimantan Tengah yang juga akan menggelar pilkada pada 15 Februari nanti yakni Kotawaringin Barat dan Barito Selatan. Pemerintah daerah berharap pelaksanaan pilkada serentak berjalan aman dan lancar.