Eflin Akui RSUD Sukamara Belum Miliki Dokter Bedah

id Sukamara, Bupati Sukamara, RSUD Sukamara, Ahmad Dirman

Eflin Akui RSUD Sukamara Belum Miliki Dokter Bedah

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman saat memeriksa Ruang Poliklinik RSUD Sukamara diikuti Direktur RSUD dr. Eflin Sianipar (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Direktur RSUD Sukamara dr. Eflin Sianipar mengatakan hingga saat ini RSUD Sukamara belum memiliki dokter bedah.

"RSUD kita saat ini belum memiliki dokter spesialis bedah, namun dalam kurun dua tahun terakhir RSUD kita sangat terbantu dengan program kementerian Kesehatan dimana ada dokter bedah resident atau dokter magang," kata Eflin di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, selama ini pemerintah terus berusaha untuk memenuhi beberapa dokter spesialis termasuk dokter bedah yang saat masih menempuh pendidikan untuk mengambil spesialis bedahnya dengan biaya pemerintah daerah.

Terkait dengan Poliklinik yang baru diresmikan oleh Bupati Sukamara ada lima poli sesuai dengan dokter spesialis yang dimiliki oleh RSUD Sukamara seperti poli penyakit dalam, anak, gizi, umum dan kebidanan, namun kami akan tambah lagi poli bedah karena bulan depan dokter bedahnya sudah ada di Sukamara.

Selain itu RSUD Sukamara juga ditunjang dengan ketersediaan laboratorium dan apotek sehingga masyarakat tidak perlu berjalan jauh saat memeriksaan diri.

"RSUD Sukamara belum memiliki poli bedah lantaran tidak ada dokter spesialis bedah, namun pada Maret nanti akan ada dokter bedah resident atau dokter magang yang merupakan program Kementerian kesehatan, dan dokter bedah ini akan berada di RSUD Sukamara selama 6 bulan," katanya.

Sebagai direktur RSUD mengakui dengan diresmikannya poli klinik terpadu tersebut masih banyak kekurangan terutama sarana dan prasarana penunjang lainnya, namun pihak RSUD Sukamara tetap berusaha melakukan pelayanan dengan baik.

"RSUD saat ini belum memiliki CCTV, namun kami tetap berusaha agar kedepan semua kekurangan saran dan prasarana lainnya  bisa terpenuhi," demikian Eflin.