Wabup Gunung Mas Minta Instansi Tetap Siaga Karhutla

id Gunung Mas, Gumas, Kuala Kurun, Wakil Bupati Gumas, Rony Karlos, Karhutla

Wabup Gunung Mas Minta Instansi Tetap Siaga Karhutla

Foto Ilustrasi - Kebakaran Lahan (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos meminta setiap isntansi pemerintah kabupaten setempat, untuk siaga dalam melakukan antisipasi atas kejadian kebakaran hutan dan lahan yang mulai mengancam ketika memasuki musim kemarau seperti sekarang.

"Siaga sebagai bentuk antisipasi sejak dini tersebut juga merupakan arahan dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan hal itu harus dilaksanakan mengingat mencegah terjadinya bencana kabut asap," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, banyak arahan dari Gubernur Kalteng ketika rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, Gubernur Kalteng meminta semua daerah harus siaga, sebab dampak buruk apabila marak terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka dapat dipastikan bencana kabut asap akan kembali melanda dan merugikan masyarakat setempat.

"Rakor tersebut merupakan langkah yang tepat harus dilakukan, sebab sebelum terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, maka perlu mengingatkan kembali setiap kabupaten/kota yang ada di Kalteng untuk bersiaga dan mawas terhadap wilayahnya," ujar Rony.

Pada intinya, Pemkab Gumas akan berupaya maksimal untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.