Landasan Pacu Bandara Kuala Kurun Akan Ditambah

id gunung mas, kuala kurun, bandara kuala kurun, landasan pacu bandara kuala kurun

Landasan Pacu Bandara Kuala Kurun Akan Ditambah

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Kuala Kurun Asri Ali. (airmagz.com)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Kuala Kurun Asri Ali mengatakan, landasan pacu untuk pesawat bandara itu akan ditambah sepanjang 300 meter, dari yang awalnya hanya 1.200 meter menjadi 1.500 meter.

"Rencananya penambahan panjang landasan pacu pesawat itu akan direalisasikan paling lambat tahun depan. Usulannya sudah disampaikan ke pusat dan sudah diterima, bahkan Bupati Gumas Arton S Dohong juga telah meminta Dinas Kehutanan dan Pertanahan untuk membantu menyiapkan lahan," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk menyiapkan lahan disekitar Bandara Sangkalemu Kuala Kurun, sebagai persiapan apabila pesawat mengalami kegagalan pada saat mendarat atau take off.

Ia menjelaskan, apabila untuk perpanjangan lokasi yang ada sudah cukup, namun harus disiapkan juga lahan yang luas dan kosong untuk persiapan berbagai macam ketika pesawat mengalami kendala demi keselamatan penumpang.

"Dengan landasan sekarang, pesawat yang bisa menggunakan hanya ATR 42. Kalau diperpanjang semoga pesawat dengan jenit ATR 72 dapat menggunakannya," ujar Asri.

Pihaknya berharap, ketika nantinya landasan pacu sudah diperpanjang dan beberapa fasilitas lainnya tersedia, banyak maskapai yang melirik untuk membuat rute perjalannya ke Kuala Kurun, mengingat Gumas salah satu kabupaten yang kaya dengan sumber daya alam, baik itu pada bidang perkebunan, atau pertambangan.

"Tujuan utama adalah, bagaimana keberadaan bandara bisa membantu mengembangkan dan menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat Gunung Mas," demikian Asri.