Demokrat Akan Berkoalisi Dengan Anies-Sandiaga Pada Putaran Kedua

id Pilkada Serentak, Anies-Sandiaga, Demokrat, Demokrat mengaku diajak berkoalisi dengan Anies-Sandiaga

Demokrat Akan Berkoalisi Dengan Anies-Sandiaga Pada Putaran Kedua

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Ketua tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Nachrowi Ramli, menyatakan partai pengusung Anies Bawedan-Sandiaga Uno menawari partainya berkoalisi untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

"Iya (sudah ada tawaran dari Gerindra). Kita pelajari dulu," kata Nachrowi di Jakarta, semalam.

Nachrowi mengatakan Partai Demokrat terlebih dulu akan mempelajari visi-misi kedua pasangan calon, yang diyakini akan melanjutkan ke putaran kedua, sebelum memutuskan berkoalisi. Menurut dia, untuk berkoalisi, visi-misi pasangan calon itu harus sejalan dengan Demokrat.

"Kalau kita berkoalisi dengan salah satu pasangan calon, dari dua yang ada, maka yang penting visi misinya itu harus sejalan," jelas dia.

Nachrowi mengatakan Demokrat akan mengajak tiga partai pengusung Agus-Sylvi lainnya --PPP, PKB dan PAN-- untuk membedah visi misi pasangan calon baik nomor urut dua maupun nomor urut tiga.

Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nonor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno memperoleh suara yang membuat keduanya maju ke putaran kedua.

Sedangkan perolehan suara Agus-Sylvi tertinggal dari kedua pasangan sehingga pasangan ini mengakui kekalahannya.