Peran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Sangat Diperlukan

id Palangka Raya, Riban Satia, Wali Kota Palangka Raya, pembangunan

Peran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Sangat Diperlukan

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya Dr HM Riban Satia mengatakan, masyarakat kota setempat agar semakin aktif terlibat dalam pembangunan daerah minimal di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Masyarakat jangan hanya menunggu program pemerintah karena pemerintah juga memiliki keterbatasan. Untuk itu peran masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sangat diperlukan. Minimal keaktifan itu dilakukan di lingkungan tempat tinggalnya," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Partisipasi masyarakat tersebut menurut dia bisa berbentuk pembangunan secara fisik maupun kegiatan non fisik termasuk memberikan saran dan masukan kepada pemerintah.

"Contoh sederhana sembari menunggu kegiatan pemerintah masyarakat melalui dana patungan bisa memperbaiki jalan lingkungan atau memperbaiki saluran drainase" katanya.

Sementara untuk partisipasi pembangunan non fisik dapat dilakukan dengan membentuk berbagai usaha atau pendidikan non formal berbasis masyarakat yang fokus bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Wali kota dua periode ini juga mengajak masyarakat dapat berberan aktif dalam berbagai kegiatan seperti pencegahan kebakaran lahan dan hutan. Terlebih lagi pada 2017 ini musim kemarau diperkirakan lebih panjang karena bertepatan dengan adanya fenomena alam elnino.

Riban mengatakan, peran masyarakat dalam menyukseskan pembangunan ini sangat luas. Contoh kecil dalam pencegahan, pengawasan hingga pemadaman kebakaran hutan dan lahan.